Debut di Aragon, Maverick Vinales Ungkap Perbedaan Motor Yamaha dan Aprilia

Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Usai hanya finis di urutan ke-18 pada seri MotoGP Aragon, Maverick Vinales mengungkapkan perbedaan besar pada motor Aprilia RS-GP dengan motor Yamaha YZR-M1.

Maverick Vinales memutuskan untuk turun bersama tim barunya, Aprilia, setelah melakukan tes tertutup selama dua hari di Sirkuit Misano. Karena sadar belum dapat beradaptasi secara baik dengan motor RS-GP, rider berjuluk The Top Gun itu tak memasang target tinggi dan fokus mencari pengalaman bersama tunggangan barunya tersebut.

Benar saja, ia kesulitan untuk mengungguli kecepatan para rivalnya, meski kerap mencatatkan waktu yang cukup bagus di sesi latihan bebas.

Tetapi di balapan utama, Vinales masih harus mempelajari banyak hal tentang motor RS-GP jika ingin tampil kompetitif seperti rekan setim barunya, Aleix Espargaro, yang finis keempat di Aragon.

Apa pun hasilnya, rider asal Spanyol itu mengatakan bahwa dirinya tetap gembira bisa menyelesaikan balapan tanpa kendala berarti.

“Saya tak berada di zona nyaman lagi, itu tantangan terbesarnya. Hasil akhirnya beda cerita. Tapi, bagi kami situasinya berjalan sesuai harapan. Kami bisa bekerja dengan baik dan saing mengerti satu sama lain,” kata Vinales seperti dilansir Speedweek.

“Tentu saja, saya lebih senang finis di posisi yang lebih baik pada balapan pertama bersama tim baru, tapi rasanya itu tidak adil,” imbuhnya.

“Saya harus bekerja lebih keras. Akan tiba saatnya di mana kami dapat membuat langkah besar, ia menjelaskan.

Sejak naik ke kelas utama pada 2015 lalu, hal tersebut menjadi pertama kalinya bagi Vinales menggeber motor dengan desain mesin V4.

Ketika membela Suzuki, pabrikan asal Jepang itu mengadopsi mesin empat silinder segaris. Begitu juga dengan Yamaha yang tetap menggunakan desain mesin mereka, meski tertinggal dari pabrikan lain.

Ini tentunya menjadi tugas besar bagi Vinales untuk beradaptasi dan mempelajari karakter mesin V4, yang dikenal jauh lebih agresif.

“Motor Aprilia lebih sulit untuk dikendarai. Tapi saya tidak memiliki masalah dengan itu,” tutur Vinales.

“Saya mampu menyelesaikan balapan tanpa masalah besar. Tapi, motor bergerak sedikit lebih banyak, sangat sedikit ruang bagi saya untuk meregangkan tubuh,” lanjutnya.

Hal lain yang berbeda antara motor YZR-M1 dengan motor RS-GP adalah dalam pengereman. Vinales mengaku dapat melakukan pengereman sangat telat (late braking) ketika mengendarai motor Yamaha, sementara itu ia mencari celah yang tepat untuk melakukan pengereman yang baik di atas motor Aprilia.

“Perbedaan terbesar ada di pengereman. Saya harus memompa sedikit lebih banyak pada motor ini. Itu juga yang membuat fisik dituntut ketika mengendarai motor Aprilia,” ungkapnya.

“Saya juga harus menyetel motor dengan berbeda. Pengeremannya jelas berbeda dan begitu juga cara Anda berkendara untuk mencatatkan waktu lap terbaik,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: aprilia, Maverick Vinales, yamaha, MotoGP 2021, motogp aragon

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/debut-di-aragon-maverick-vinales-ungkap-perbedaan-motor-yamaha-dan-aprilia

Tinggalkan komentar