Yuk Pahami Serba Serbi Tentang Aki Motor dan Cara Merawatnya

Apa itu Aki dalam Motor?

Aki motor, AKI atau  ACCU merupakan alat yang ada dalam setiap motor. Alat ini mengandung arus listrik dan digunakan agar motor dapat menyala menggunakan cara starter atau tombol. Selain itu, accu juga membantu mengalirkan listrik sehingga lampu, sen dan klakson dapat menyala.

Jika melihat pengertiannya, fungsi aki sebenarnya lebih banyak. Pertama anda bisa memberi arus panel ke sistem informasi mengenai sepeda motor, memberi tegangan referensi ke ECU motor injeksi, Menyalakan sistem disebut sebagai fuel pump saat mesin akan dinyalakan. Namun fungsi Aki motor yang satu ini khusus untuk injeksi.

Lalu, Bagaimana Cara Agar Aki Tidak Mudah Soak?

Sayangnya aki seringkali mengalami kondisi yang kurang baik. Sehingga aki tersebut tidak dapat membantu motor untuk berjalan dengan normal.  Berikut beberapa cara agar aki tidak mudah soak.

1. Pemeriksaan Berkala

Aki merupakan salah satu bagian motor yang tidak dapat dibenahi sendiri. Ketika mengalami kerusakan, aki langsung mengalami kondisi mati dan tidak dapat membantu motor untuk berjalan. Ada bagusnya pemeriksaan berkala pada motor bisa membantu mengatasi dan menghindari masalah tersebut.

2. Perhatikan Aksesoris Motor

Memang para pria sangat senang melakukan modifikasi pada motor yang digunakan. Ditambah adanya lampu yang bagus, dengan klakson jelas menambah unik motor, tetapi nyatanya hal tersebut dapat membebani kinerja aki dan menyebabkan aki cepat soak. 

3. Memaksa Menggunakan Starter

Masalah paling populer yang terjadi yaitu memaksa menggunakan starter.  Padahal motor sudah mengalami kesulitan untuk menyala. Jika sudah seperti ini jelas bahwa aki terindikasi rusak. Cobalah untuk mengalihkan starter yang digunakan dengan menggunakan starter kaki. 

4. Panaskan Setiap Hari

Lakukan pemanasan minimal 10 menit setiap harinya.  Tujuannya membantu agar mesin motor tidak terlalu dingin dan juga konsisten. 

Itulah beberapa informasi mengenai perawatan aki yang dapat sobat tiru. Kemudian harus ingat bahwa pembenahan serta perawatan aki akan sangat maksimal,  jika dilakukan di bengkel aki resmi sesuai dengan merek motor yang anda miliki.

Tinggalkan komentar