Tips Kendarai Motor Kopling Dengan Aman

Ada banyak jenis dan tipe kendaraan motor yang harus dipahami. Agar anda tidak salah dalam mengurusnya. Salah satunya adalah motor kopling. Ini tips aman kendarai motor kopling versi kami.

1. Mengetahui Sistem Kopling Bekerja

Ternyata masih banyak pengendara yang memaksa menggunakan motor kopling hanya karena model. Padahal Anda harus paham sistem dan mesin yang ada pada motor tersebut. Biasanya sistem kopling lebih kompleks dibandingkan dengan sistem motor matic atau bebek. Selain itu sistem motor kopling juga berada di motor dengan variasi yang berbeda. Ada juga pengendara yang tidak paham akan motor kopling, mereka merasa menggunakan motor dengan baik padahal tuas kopling yang digunakan diganti dengan cara yang kasar. Efeknya tentu saja motor menjadi cepat rusak.

2. Perhatikan Gas Motor

Tidak bisa dipungkiri bahwa gas yang tidak dikendalikan akan membawa bahaya pada penggunanya. Bagi yang sudah mahir tentu tahu bahwa gas motor kopling akan berbahaya apabila digunakan dengan tiba-tiba. Nyalakan gas motor kemudian tarik perlahan-lahan sampai motor jalan. Setelah itu anda bisa berjalan dengan normal. Manfaatkan latihan gas ini sambil menginjak rem di kaki sehingga tidak ada masalah yang muncul seperti gas lepas. 

3. Kenali Tipe Motor

Bagi pemilik motor kopling penting untuk tahu tipe yang sudah anda beli. Apakah motor masuk kedalam tipe 250 cc atau 150 cc. Motor kopling memiliki ukuran dan kejelasannya sendiri. Dengan mengenali tipe motor maka akan mudah menangani berbagai masalah pada motor. Selain itu biasanya motor kopling yang berbeda merek memiliki sistem yang sedikit berbeda untuk menunjukkan bahwa merek tersebut lebih unik.

4. Kenali Sistem Brake atau Rem

Engine brake atau sistem rem adalah salah satu sistem pengereman yang terjadi apabila mesin transmisi yang bekerja di dalam mesin sepeda motor ternyata lepas. Ketika kecepatan cukup tinggi, engine brake inilah yang membantu pengereman berjalan lebih baik.

Motor kopling jelas memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Baik tipe ataupun jenis, bagi pengendara motor yang memutuskan untuk membeli motor sebelumnya perlu melihat ulasannya terlebih dahulu. Usahakan untuk memilih motor kopling yang berkualitas dibandingkan dengan produk yang murah, atau hanya mementingkan model saja.

Semoga  info kali ini bisa bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk membeli motor kopling.

Tinggalkan komentar