Pencapaian Dovizioso Bikin Johann Zarco Pede Hadapi MotoGP Inggris

Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Johann Zarco akan balapan di Silverstone untuk kali pertama bersama Ducati dan yakin bisa tampil kuat disana usai melihat pencapaian Dovizioso pada 2017 lalu.

Sepanjang berkarier di kelas mulai 2017 lalu, penampilan Johann Zarco di MotoGP Inggris masih jauh dari kata memuaskan. Dari tiga kali turun di Sirkuit Silverstone, hasil finis terbaiknya hanya menempati P6 pada musim 2017.

Akhir pekan ini, tantangan bagi rider asal Prancis itu di trek tersebut akan bertambah. Pasalnya, baru tahun ini ia akan turun di Silverstone dengan menggeber motor Ducati Desmosedici GP. 

Seperti diketahui, selama menjadi pebalap MotoGP, Zarco sudah pernah menunggangi motor Yamaha, KTM, Honda, dan Ducati. Tahun lalu, saat membela Esponsorama Racing, Zarco sebenarnya sudah memakai mengendarai motor Desmosedici. Akan tetapi, gelaran MotoGP Inggris tak dilangsungkan.

“Dengan pengalaman, sedikit banyak kami akan tahu arah mana yang akan dituju. Jika merasa nyaman di atas motor, biasanya Anda tidak akan butuh banyak perubahan,” tutur Zarco seperti dikutip Speedweek.

Rider berusia 31 tahun itu juga menambahkan bahwa ia dan Pramac Racing biasanya mampu langsung tampil cepat di lintasan. Melihat kondisi Silverstone, Zarco dan juga para teknisi timnya akan melihat dahulu seperti apa reaksi ban motor dalam temperatur rendah. 

“Pada sesi pertama, Anda harus cepat mengetahui ban apa yang cocok untuk melibas lap banyak dan mana yang lebih baik untuk lap tunggal. Jadi, kami harus menunggu dulu apa yang harus disetel ulang setelah latihan bebas pertama (FP1),” jelasnya.

Dalam sejarah MotoGP Inggris, Ducati baru tiga kali merebut kemenangan. Pada 2007 dan 2008 pabrikan asal Borgo Panigale itu menempati podium tertinggi lewat Casey Stoner dan 2017 atas nama Andrea Dovizioso. Namun, Johann Zarco justru mengambil pelajaran berharga dari hasil-hasil tersebut.  

“Dengan keberhasilan para pebalap Ducati, terutama Dovi yang menjadi pemenang terakhir, kami melihat bahwa Desmosedisi GP juga bisa berperforma bagus di Silverstone. Jadi, sebenarnya banyak hal positif bagi kami di Silverstone,” tutur Zarco.

Sejatinya, ia memfavoritkan Sirkuit Silverstone, termasuk karakter lintasannya. Menurutnya, trek tersebut sangat bagus untuk balapan dan akan menarik untuk melihat seperti apa Zarco dan Ducati dapat berkembang di sana setelah dua tahun berlalu.

“Menurut saya, kami akan mampu lebih cepat. Dua tahun lalu, trek ini diaspal ulang. Mungkin sedikit berbeda tahun ini. Tetapi, saya yakin kami bisa lebih cepat daripada sebelumnya,” ucapnya.

“Hasil saya di Inggris saat turun di MotoGP memang tidak begitu bagus. Namun seiring dengan pengalaman dan pengetahuan kami, feeling saya semakin bagus di atas motor. Tenaga besar motor kami mungkin bisa membantu banyak di Silverstone nanti,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Johann Zarco, MotoGP 2021, Motogp inggris

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pencapaian-dovizioso-bikin-johann-zarco-pede-hadapi-motogp-inggris

Tinggalkan komentar