Cuci Motor di Rumah Dengan Mudah

Motor juga perlu dicuci agar bersih, sama halnya dengan manusia. Ditambah dengan musim pancaroba, perubahan cuaca yang tidak menentu membuat kita harus lebih ekstra membersihkan motor. Kondisi motor yang bersih akan membuat penampilan motor lebih segar, dan pengendara pun bisa merasa nyaman saat mengendarai. Maka dari itu, pentingnya mencuci motor agar noda yang menempel tidak berkerak. Jika noda tak kunjung dibersihkan akan menimbulkan baret pada bodi motor.

Pembahasan kali ini adalah bagaimana cara mudah mencuci motor sendiri di rumah.

1.  Siapkan Peralatan Cuci Motor

Sebelum mencuci, persiapkan peralatan yang diperlukan. Yang perlu Anda persiapkan adalah dua ember terpisah yang masing-masing berisi air sabun, Anda bisa menggunakan gel pembersih dan siapkan juga spons halus. Siapkan air mengalir dari selang atau air di dalam ember untuk membilas.

Shampo khusus motor juga banyak dijual bebas di pasaran. Gunakan shampo khusus motor, bila Anda memilikinya, kalau tidak makan Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti gel pembersih cuci piring.

2. Pilih Waktu Yang Pas Ketika Mencuci Motor

Pilihlah waktu yang pas ketika mencuci motor. Ini sebenarnya fleksibel tergantung Anda bisa mencuci motor kapan dan jam berapa, hanya disarankan memilih waktu yang tidak terlalu panas. Karena mencuci di siang hari membuat sabun yang dibasuh cepat kering dan bisa berjamur.

Proses mencuci motor diawali dengan membasahi seluruh bagian motor dengan air bersih, proses selanjutnya menyabuni tiap-tiap bagian motor. Utamakan bagian bawah motor terlebih dahulu, karena bagian bawah motor yang paling rentan kotor. Sekaligus Anda juga bisa melakukan pengecekan bagian-bagian motor.

3. Bersihkan Bagian Area Mesin

Bersihkan area mesin motor secara hati-hati, dengan membaluri shampo motor, gunakan spon yang berbeda untuk area mesin. Anda juga bisa sekaligus mengecek keadaan mesin motor Anda.

4. Bersihkan Bagian Atas Motor

Sudah beres bagian bawah motor, saatnya berpindah ke bagian atas motor. Usap secara merata bagian body motor mulai dari spakbor depan, fairing atau sayap, batok lampu, lampu depan dan belakang, sampai jok motor, dan pastikan seluruh bagian body atas dan bawah motor sudah merata dengan sabun. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak ada busa yang menempel pada motor.

5. Gunakan Kanebo Setelah Mencuci Motor

Jika dirasa sudah cukup, gunakan kanebo untuk mengusap seluruh permukaan motor. Diperhatikan pula untuk bagian mesin motor yang terkadang masih tergenang air, lap bagian mesin secara merata menggunakan kanebo.

6. Gunakan Semir Motor

Jika motor sudah benar-benar kering, khususnya pada bagian body motor, Anda bisa menggunakan semir motor yang mengandung bahan silikon pada body motor Anda, kemudian lap dengan menggunakan kain kering secara merata ke seluruh bodi motor.

Demikian Cara Cuci Motor di Rumah Dengan Mudah. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi Anda untuk mencuci motor sendiri di rumah dengan mudah.

Tinggalkan komentar