Miguel Oliveira Sebut Masalah Pada Ban Michelin Bikin Lajunya Terhambat

Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Miguel Oliveira menyebut perbedaan kualitas pada ban buatan Michelin menjadi salah satu faktor yang membuat dirinya tampil melempem di dua seri terakhir.

Miguel Oliveira terpaksa harus mengakhiri seri MotoGP Styria lebih cepat usai karet ban depan motornya terkelupas saat balapan. Michelin, selaku pemasok ban motor MotoGP pun merespons masalah tersebut dengan membawa ban depan hard simetris di balapan berikutnya, MotoGP Austria.

Namun problem tersebut justru kembali terulang, kini giliran ban belakang yang bermasalah. Oliveira harus berurusan dengan daya cengkeram (grip) yang membuatnya terjatuh di lap ke-23, sebelum hujan deras mengguyur Sirkuit Red Bull Ring.

“Kami melihat lagi bahwa ban (belakang) sama memberikan grip yang berbeda (di Austria). Ada lebih banyak pebalap yang mengeluh tentang hal itu. Ini sangat aneh karena kami tidak punya penjelasan untuk problem tersebut,” ujar Oliveira dikutip dari Motorsport.com.

“Saya sudah merasakan dalam balapan jika saya tidak memiliki ban terbaik. Ini area abu-abu, karena tergantung pada feeling pebalap dan Anda hampir tak dapat melihatnya di data. Itulah mengapa sulit juga bagi Michelin untuk memahaminya,” ia menjelaskan.

Rupanya bukan ia saja mengeluhkan soal ban, Valentino Rossi pun mengalami kendala di MotoGP Austria akibat kompon ban soft yang buruk. Rider asal Italia itu bermasalah dengan daya cengkeram ban sehingga kesulitan saat menjalani sesi kualifikasi. Alhasil, Rossi hanya bisa mengamankan posisi start ke-18 untuk balapan utama.

“Saya tidak bisa membuat ban soft kedua bekerja dalam kualifikasi dan tak dapat meningkatkan waktu lap saya. Ini terjadi beberapa kali setiap musim. Itu memang maalah. Semua orang harus menghadapinya,” ungkap Rossi.

“Namun dalam kualifikasi dengan (ban) soft, Anda bisa membandingkan ban dengan baik. Menjadi jelas ketika ada perbedaan. Kadang (grip) bagus, kadang kurang. Tidak mudah bagi Michelin,” tambahnya.

Inilah yang dimaksudkan oleh Miguel Oliveira, bahwa situasi ban Michelin saat ini tak mudah dijelaskan karena data yang minim dan problem pada ban juga dirasakan oleh pebalap lainnya.

“Sepertinya tidak ada yang bisa disalahkan, tetapi itu terjadi, masalahnya ada di sana (ban) Mudah-mudahan hal tersebut tidak terjadi lagi di trek lain dan kami bisa bekerja dengan normal,” tuturnya.

Artikel Tag: Miguel Oliveira, ktm, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/miguel-oliveira-sebut-masalah-pada-ban-michelin-bikin-lajunya-terhambat

Tinggalkan komentar