Masalah Ban Bikin Honda Kesulitan Tampil Impresif di MotoGP 2021

Ligaolahraga.com –

Berita MotoGP: Honda menemukan bahwa ban belakang buatan Michelin menjadi salah satu penyebab laju mereka terhambat dan sulit mencatatkan hasil impresif di musim 2021.

Honda hingga kini masih terus mengevaluasi berbagai masalah yang menyebabkan performa mereka di MotoGP 2021 kian merosot. Cedera parah yang dialami oleh rider mereka, Marc Marquez pada musim lalu jelas menjadi satu pukulan telak karena timnya tak bisa mendapatkan suplai dan data teknik terbaik darinya.

Selain itu, ban belakang baru bikinan Michelin pada musim lalu, juga makin menambah penderitaan mereka. Keluhan soal ban sendiri pernah dirasakan langsung oleh Ducati pada musim 2020 lalu..

“Jelas kami punya beberapa masalah. Kami berada di belakang yang lain, itu sangat jelas. Apa masalahnya? Saya kira masalah utama kami adalah mendapatkan hasil maksimal dari ban belakang yang diperkenalkan Michelin tahun lalu,” kata sang manajer teknik tim, Takeo Yokoyama, dikutip dari Motorsport.com.

“Ini sedang berlangsung, saya kira kami sudah maju meski belum mencapai level tim yang lain. Dari luar, Anda bisa melihat bahwa kami sedang menguji komponen baru, ide baru. Mereka semua sudah mendapat yang maksimal dari ban belakang,” menjelaskan.

“Kami lanjut bekerja. Kami akan mendapatkan sesuatu yang baru di setiap balapan, komponen, hal yang berhubungan dengan elektronik atau dalam uji coba. Kami akan lihat apakah bisa mencapai level pebalap lain atau lebih baik.” lanjutnya.

Sebelum cedera, Marc Marquez menjadi salah satu bagian penting dalam pengembangan motor timnya. Setelah comeback, pebalap berusia 28 tahun itu seperti harus mengulang semuanya dari awal lagi. Ia mesti beradaptasi dengan motor Honda RC213V edisi terbaru lagi dan juga ban Michelin.

Oleh sebab itulah, masukan yang diberikan Marquez belum memberikan pengaruh signifikan terhadap upaya peningkatan kinerja motor mereka.

Rekan setim Marquez, Pol Espargaro merupakan satu dari segelintir pebalap yang dapat menguji performa ban buatan Michelin di atas dua motor berbeda. Musim lalu, ia menggeber motor KTM RC16, kini ia menunggangi motor Honda RC213V.

Pebalap berusia 30 tahun tersebut mengakui bahwa faktor ban sangat berpengaruh di era modern. Tugas seorang pebalap adalah berusaha menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi.

Espargaro juga sempat mengintip kemajuan yang dicapai oleh para rivalnya. Ia membeberkan bahwa pabrikan asal Jepang itu hingga kini belum menemukan solusi atas permasalahan yang mereka alami.

Artikel Tag: Honda, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/masalah-ban-bikin-honda-kesulitan-tampil-impresif-di-motogp-2021

Tinggalkan komentar