Yuk Simak Teknologi Sistem Hybrid pada Motor PCX

Sistem hybrid pada motor PCX adalah sistem hybrid pertama di dunia sebagai sepeda motor yang diproduksi secara massal yang memberikan suatu perasaan berkendara langsung dan menyenangkan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Saat penghidupan motor saat start, motor yang menghasilkan torsi besar dari putaran rendah membantu mesin.

Mewujudkan percepatan yang lebih gesit dan mengurangi goyangan saat berboncengan. Saat menikung, kinerja traksi yang ditingkatkan memungkinkan percepapatan pada start-up yang bertenaga.

Apa tujuan sistem hybrid

Sistem hibrida memerlukan baterai penggerak dan sistem kontrol yang kompleks, yang umumnya menyebabkan peningkatan bobot.

Sistem yang diadopsi untuk PCX HYBRID memiliki struktur kompak dan pas dengan bodi model bensin PCX untuk menghindari kemerosotan performa olahraga akibat penambahan berat badan. Sehingga bertujuan agar semua orang dapat menikmati “kesenangan sehari-hari”.

·         Mengadopsi sistem hybrid “paralel”

Untuk mewujudkan sistem yang kompak dan ringan, PCX telah mengadopsi “metode paralel” yang menambahkan fungsi bantuan penggerak ke starter ACG yang bertanggung jawab untuk menghidupkan dan menghasilkan listrik dari mesin.

Sumber energi untuk memulai dan bantuan mesin adalah ketika baterai lithium-ion kompak yang baru dikembangkan.

Bahan inti motor adalah pelat baja elektromagnetik dengan kehilangan besi yang rendah. Hal ini juga digunakan dalam sistem hibrida roda empat, untuk mengejar yang lebih tinggi.

Efisiensi Ini mewujudkan sistem hybrid ramping dan kompak yang pas di tubuh yang sama dengan tubuh model bensin PCX.

Selain itu, dengan mengoptimalkan tata letak, seperti menempatkan baterai lithium-ion di belakang kotak bagasi dan unit penggerak daya yang mengontrol sistem di dalam penutup depan. Honda telah mengamankan kapasitas kotak bagasi yang dapat menyimpan helm full face

·         Operasi sistem hybrid

Dengan bantuan motor, peningkatan torsi sekitar 33% pada 4.000 rpm dan sekitar 22% pada 5.000 rpm dicapai sehubungan dengan torsi mesin PCX. Ini telah meningkatkan kinerja akselerasi dan respons throttle yang gesit.

Bantuan ke mesin oleh motor dilakukan selama sekitar 3 detik sejak dimulainya bantuan dengan pengoperasian throttle. Lalu kemudian jumlah bantuan secara bertahap dikurangi selama 1 detik untuk menciptakan perasaan berkendara yang alami dan nyaman.

Starter ACG menghasilkan listrik dan mengisi baterai lithium-ion kecuali jika motor dibantu. Persiapkan akselerasi yang membutuhkan bantuan.

Selain itu, saat memulai dari kondisi idling stop, waktu penyambungan kopling sentrifugal dipersingkat dengan membantu motor. Mungkin untuk berakselerasi lebih cepat dari model bensin.

 

Tinjauan umum sistem hybrid

Saat melakukan percepatan, torsi akan membantu secara optimal dihitung dari kecepatan dan sudut pengoperasian throttle pengendara, kecepatan engine, dll.

Dan starter ACG digerakkan untuk membantu engine secara tepat. Motor ACG menghasilkan listrik dan mengisi baterai kecuali selama mengalami percepatan, seperti saat melaju atau melambat.

Anda dapat memilih keseimbangan antara performa berkendara dan efisiensi bahan bakar

Daya bantu motor akan membantu menghidupkan atau mematikan sistem idling stop dapat dipilih dari empat mode mengemudi. Hal itu dapat diaktifkan dengan sakelar sesuai dengan adegan dan selera mengemudi.

  • Mode D: Mode yang menggabungkan penggerak bertenaga dengan tenaga bantuan, kemudahan penanganan, dan konsumsi bahan bakar rendah.
  • Mode S: Mode yang meningkatkan kesan sporty dengan memperkuat gaya bantu pada bukaan throttle kecil dan menengah dibandingkan dengan mode D.
  • Idling mode: Mode yang tidak menggunakan idling stop (dapat diatur dalam mode D dan mode S)

Tinggalkan komentar