Mengenal Transmisi Kopling Ganda Pada Motor DCT Honda

Setelah memasang transmisi kopling ganda (DCT) untuk pertama kalinya di dunia. Pertama pada sepeda motor pada tahun 2010, Honda terus mengembangkan DCT. Pada tahun 2012, itu dipasang di seri NC700 dan CTX700 untuk memperluas pengguna sepeda motor Honda.

Hal itu dipasang di CRF1000L Africa Twin pada tahun 2016, dan tempat penggunaan telah diperluas. Dan pada tahun 2020, Honda telah berevolusi untuk mewujudkan kontrol yang lebih dekat dengan perasaan pengendara, lebih senyap dan mulus.

Apa itu transmisi kopling ganda?

Transmisi Kopling Ganda adalah transmisi yang mengotomatiskan pengoperasian kopling dan perpindahan gigi dengan tetap mempertahankan struktur transmisi manual yang memiliki kelebihan seperti akselerasi dengan perasaan langsung.

Pengendara dapat berkonsentrasi pada pengoperasian throttle dan rem tanpa memerlukan pengoperasian kopling, dan akselerasi atau deselerasi yang mulus sehingga menekan gangguan tenaga penggerak selama pemindahan gigi, yang secara struktural tidak dapat dihindari dengan transmisi manual normal.

Ada dua jenis metode perpindahan gigi: “AT mode”, yang mengotomatiskan operasi shift, dan “MT mode”, dimana pengendara selalu memilih gear favoritnya.

Dalam “mode AT”, selain “mode D” normal, “mode S” yang sesuai untuk mengemudi lebih sporty dapat dipilih.

Selain itu, pemindahan gigi dapat dilakukan kapan saja dengan sakelar pemindah sesuai dengan kondisi berkendara, dan setelah memindahkan gigi, secara otomatis kembali ke mode AT.

CRF1100L Africa Twin dilengkapi dengan 6-axis IMU (Inertial Sensor) yang mendeteksi kecepatan sudut dan akselerasi pitch, roll, dan yaw.

Penambahan kontrol deteksi mengemudi saat menikung membawa waktu perpindahan lebih dekat dengan perasaan pengendara, dan pematangan kontrol start dan kontrol shift mewujudkan rasa aman dan langsung.

 

Mekanisme internal transmisi kopling ganda

Memperkenalkan operasi kopling dan operasi pemindahan gigi yang dilakukan secara otomatis selama akselerasi dan perlambatan.

1.      Mekanisme untuk mengganti gigi secara otomatis

Pada transmisi manual normal, spindel shift diputar dengan mengoperasikan pedal shift kaki kiri, dan persneling diselipkan melalui shift drum dan shift fork.

Namun pada transmisi kopling ganda, motor shift memainkan peran tersebut. . Saat menggunakan pedal kaki opsional, motor pemindah juga mengoperasikan spindel pemindah.

2.      Kecerdikan untuk menyampaikan kepada lebih banyak orang

Honda mengoptimalkan struktur sesuai dengan karakteristik mesin dan jenis kendaraan agar dapat memberikan perasaan berkendara dengan transmisi manual yang dapat dinikmati tanpa pengoperasian kopling dan pengoperasian shift kepada sebanyak mungkin orang.

Misalnya, dalam rangkaian “NC750S”, “NC750X” dan “X-ADV”, di mana mesin yang sama dipasang pada rangka yang sama dalam tiga jenis, kopling dan engkol digunakan untuk merealisasikan tangga jenis lantai “X -ADV “. Saya meninjau tata letak poros.

 

Pikiran Para Pengembang Mesin Motor

Tujuan akhir DCT adalah “menciptakan kesenangan untuk dimanipulasi”. Sejak pembentukan DCT pada tahun 2010, anggota pengembangan telah mengerjakan evolusi untuk mencapai tujuan mereka.

DCT adalah sistem yang sangat baik yang tidak memanjakan kipas angin yang unik untuk sepeda motor karena dapat memancarkan “tenaga penggerak langsung” yang berbeda dari AT lain sambil melepaskan pengendara dari operasi kopling dan perpindahan gigi.

Maka dari itu, jika benar-benar mengendarainya, maka akan langsung mengerti bahwa itu bukan hanya AT.

Sehingga bisa mendapatkan torsi dan akselerasi yang diinginkan pengendara saat sewaktu-waktu. Apa yang ingin Honda berikan di DCT adalah rasa persatuan antara manusia dan kuda.

Tinggalkan komentar