Apa itu Sistem Idling Pada Motor Honda

Sistem Idling adalah sistem yang dapat mengurangi konsumsi bensin yang tidak perlu dengan mematikan mesin secara otomatis saat kendaraan berhenti di lampu lalu lintas. Saat restart, cukup operasikan grip throttle seperti sepeda motor pada umumnya, mesin akan hidup secara otomatis dan lancar, dan dapat mulai berjalan.

Setelah mesin dihidupkan, mesin akan terus menggunakan bensin sampai saklar utama dimatikan. Dengan kata lain, ketika motor berhenti di lampu lalu lintas, maka akan menghabiskan bensin yang terbuang percuma.

Sistem idling stop secara otomatis menghentikan mesin saat kendaraan berhenti di lampu lalu lintas, dll. Untuk menghilangkan pemborosan bensin .

Jika saat menyalakan sistem idling stop, mesin akan berhenti dan mesin akan hidup lalu mulailah berjalan. Ini menghemat sekitar 7% pada bensin dibandingkan saat sistem idling stop tidak digunakan. (Nilai pengujian internal mode ECE R40).

1.      Pengendara dapat naik seperti biasa

Sistem idling stop secara otomatis menghentikan mesin setiap kali kendaraan berhenti. Seperti saat menunggu lampu lalu lintas, cukup dengan menyetel sakelar pemilih mode idling stop ke “IDLING STOP“. Beroperasi saat suhu air mesin 60 ° C atau lebih tinggi). Cukup putar pegangan throttle dan mesin akan langsung menyala.

2.      Berhenti diam tipe starter ACG yang dimulai dengan pelan

Honda telah mengembangkan kelas 125cc pertama menurut penelitian Honda. “ACG starter idling stop system” dan memasangnya di “PCX” sehingga dapat digunakan dengan nyaman bahkan di kota di mana mesin sering dihidupkan dan dimatikan.

Sistem berhenti diam starter ACG (Generator AC) menggunakan “ACG” untuk menghasilkan listrik yang diperlukan untuk mengemudi untuk menghidupkan mesin. Karena tidak memiliki gigi reduksi seperti contoh sistem idling stop motor starter konvensional, tidak ada suara berisik saat roda gigi menyatu.

 

3.      Mampu menghidupkan mesin dengan tenaga kecil

Honda telah merancang berbagai mesin agar bisa menjalankan mesin sekelas 125cc layaknya PCX dengan starter ACG yang kompak.

Dekompresi

Untuk menghidupkan mesin, campuran udara-bahan bakar di dalam silinder harus “dikompresi”. Ini membutuhkan banyak tenaga, jadi saya mencoba membuka katup buang sebentar untuk mengurangi gaya yang dibutuhkan untuk “kompresi”.

Mekanisme dekompresi hanya beroperasi saat mesin dihidupkan, dan tidak beroperasi saat mesin sedang berjalan.

Berayun kembali

Sebelum menyalakan mesin, ini sedikit “diputar terbalik”. Hal ini memungkinkan piston untuk “berlari”, sehingga lebih mudah untuk menghidupkan mesin bahkan dengan sedikit tenaga.

 

4.      Upaya kinerja lingkungan sepeda motor

Sepeda motor adalah kendaraan yang memiliki dampak lingkungan yang rendah, tetapi Honda melakukan berbagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja lingkungannya.

Sediakan bahan bakar alkohol yang diproduksi oleh tanaman

Bahan bakar alkohol yang terbuat dari tumbuhan diperkirakan tidak meningkatkan CO 2 di atmosfer saat dibakar. Untuk Brasil, di mana penggunaan bahan bakar alkohol meningkat, Honda telah mengembangkan “sistem injeksi bahan bakar campuran” yang dapat dijalankan dengan bahan bakar bensin atau alkohol.

Buatlah sepeda yang menggunakan tenaga listrik, bukan bensin

Sepeda motor listrik “EV-neo” memiliki kinerja lingkungan yang sangat baik yang “bersih” dan “tenang” yang tidak memancarkan apapun CO 2 saat berkendara . Honda telah mengkomersialkannya untuk penyebaran sepeda motor listrik di masa mendatang.

Selain upaya tersebut, Honda juga meningkatkan mesin bensin yang ada, yang bertujuan untuk dapat melakukan lebih banyak pekerjaan dengan lebih sedikit bensin.

Tinggalkan komentar