Teknologi Motor Honda dalam Meracik Udara dan Bensin untuk Efisiensi Bahan Bakar

Jika perbandingan oksigen dan bensin dalam campuran udara-bahan bakar sama. Maka semakin rendah jumlah putarannya, semakin baik efisiensi bahan bakarnya. Jika kalian menggunakan mesin yang menghasilkan torsi pada putaran rendah yang sering digunakan dalam berkendara sehari-hari.

Sehingga dapat menjalankannya seperti sebelumnya dengan konsumsi bahan bakar rendah. eSP mencapai konsumsi bahan bakar yang rendah dan pengemudian yang bertenaga dengan menggabungkan sejumlah teknologi untuk mencegah “knocking” (pembakaran abnormal yang berdampak buruk pada mesin) yang cenderung terjadi ketika torsi dihasilkan dari rpm rendah.

 

Nyala api pada waktu yang optimal

Untuk mencegah terjadinya pembakaran yang tidak normal (knocking). Berbagai tindakan diambil terutama dari tiga poin berikut ini agar mesin konvensional dapat mengoptimalkan waktu pengapian:

Tingkat pembakaran yang ditingkatkan

Hal ini meningkatkan laju pembakaran dan mencegah bahan bakar menyala secara spontan karena panas di dalam silinder.

Peningkatan efisiensi intake dan exhaust

Selain pembuangan yang cepat dan kecepatan pemasukan yang ditingkatkan. Campuran udara dan bahan bakar diaduk untuk memasok campuran udara-bahan bakar secara seragam dan cepat ke dalam silinder. Sehingga menghasilkan pembakaran yang mulus dan berkecepatan tinggi.

Peningkatan efisiensi pendinginan

Dengan meningkatkan efisiensi pendinginan di dalam silinder, ini mencegah bahan bakar menyala secara spontan karena panas di dalam silinder.

Pembakaran cepat dan halus

Dengan mengoptimalkan lubang masuk dan mengatur squish, kecepatan aliran ditingkatkan dan aliran rumit campuran udara serta bahan bakar dikendalikan.

Hal ini memungkinkan untuk menyebarkan api secara akurat yang disebabkan oleh penyalaan busi, dan meningkatkan kecepatan tinggi dan pembakaran yang sangat mulus pada sepeda motor Honda.

Pengoptimalan dan penurunan bentuk port intake

Bentuk dan panjang intake port telah disesuaikan untuk memperlancar aliran campuran udara serta bahan bakar untuk meningkatkan kecepatan aliran dan menghasilkan tumble (pusaran vertikal) pada ruang bakar.

Hal ini dimaksudkan dengan maksud, agar cepat dan merata menyebarkan campuran udara serta bahan bakar. DImana udara dan bahan bakar yang terdapat pada sepeda motor Honda dapat menghasilkan pembakaran yang mulus dengan sedikit ketukan.

Remas

Sebuah squish disediakan di sisi berlawanan dari busi. Squish adalah celah kecil antara ruang bakar dan piston, dan saat piston mencapai puncak. Campuran udara serta bahan bakar yang terdapat pada sepeda motor Honda.

Yang kemudian dikompres di celah ini berhembus keluar menuju busi. Hal ini tentunya akan meningkatkan laju pembakaran pada tahap pembakaran selanjutnya.

 

Optimalkan waktu shift saat Mengubah Rasio Gigi

Penggerak sabuk skuter secara otomatis mengubah rasio gigi untuk menyesuaikan kecepatan engine (mesin) guna mendapatkan tenaga yang diperlukan untuk mengemudi.

Untuk mesin dengan torsi rendah pada kisaran rpm rendah, rpm ditingkatkan bahkan pada kecepatan yang sama saat beban tinggi, seperti menanjak. Di sisi lain, pada eSP yang torsi pada rentang putaran rendah besar.

Bentuk cam torsi yang menyesuaikan rasio roda gigi dan kekerasan pegas torsi ditinjau ulang sehingga kecepatan putaran dapat ditekan dibandingkan dengan mesin konvensional bahkan dengan kecepatan yang sama. Ini meningkatkan penghematan bahan bakar dalam kisaran kecepatan rendah.

Tinggalkan komentar