Kolaborasi Grab Indonesia Dan Emtek Group Untuk Pemulihan Ekonomi – Moladin


Kolaborasi PT Grab Teknologi Indonesia dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group) bertujuan untuk mewujudkan misi bersama dalam menciptakan masa depan digital bagi Indonesia yang menjangkau semua pelaku usaha di semua wilayah untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini.

Prioritas utama dari kolaborasi Grab Indonesia dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, 99% dari semua bisnis di Indonesia adalah bisnis UMKM, tetapi hanya 21% yang memiliki akses digital.

Agar UMKM dapat tetap bertahan dan terus berkembang di masa pandemi yang berkepanjangan ini, diperlukan dukungan baik dari sektor publik maupun swasta.

“UMKM kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas. Meskipun sebagian besar dari mereka berjuang menghadapi tantangan saat ini, ada peluang besar untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui transformasi digital,” ungkap Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, seperti dikutip dari press release yang ada di laman resmi Grab Indonesia.

“Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM untuk bertransformasi ke digital pada tahun 2024, dan kami senang bahwa perusahaan seperti Grab Indonesia dan Emtek Group telah mengambil langkah untuk berpartisipasi dalam membantu UMKM tanah air mentransformasikan kegiatan usaha mereka secara digital,” imbuh Teten.

“Saya berharap kemitraan strategis antara Grab dan Emtek Group juga akan menjangkau lebih banyak UMKM termasuk para Penyandang Disabilitas dan wirausahawan lanjut usia,” sambung Teten.

Tujuan kolaborasi Grab Indonesia dan Emtek Group

  • Mendorong percepatan digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia.
  • Menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau dan menawarkan kenyamanan lebih bagi masyarakat Indonesia, bahkan di wilayah dengan tingkat digitalisasi yang masih rendah. Kedua perusahaan akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional.

Untuk mewujudkan kerjasama tersebut, Emtek Group telah menginvestasikan 375 juta dollar AS di PT Grab Teknologi Indonesia.

Selain itu, kolaborasi Grab Indonesia dan Emtek Group juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia, melalui KMK Online dan Grab Ventures Velocity.

“Masa depan era digital Indonesia yang cerah harus dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Grab dan Emtek Group memiliki visi yang sama dan pandangan yang selaras dengan pendekatan kami dalam membangun ekosistem terbuka guna membantu memecahkan sejumlah tantangan terbesar di Indonesia,” ungkap Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.

Moladiners, bagi kamu yang punya usaha UKM atau UMKM tentunya bisa manfaatin fasilitas dari kolaborasi Grab Indonesia dan Emtek Group.

Untuk informasi menarik seputar otomotif, pantau terus Moladin.com.

Tinggalkan komentar