Sejarah Honda Supra, Motor Bebek Tangguh Dan Irit – Moladin


Siapa yang tak kenal Honda Supra, sejak awal kemunculannya motor bebek ini sudah membuat market roda dua di Indonesia terkesima. Sejarah Honda Supra merupakan tonggak awal desain baru setelah kejauaan Honda Astrea Grand.

Yup, desain yang lebih ramping dan sedikit menungging pada bagian belakangnya menjadikan Supra edisi pertama terlihat sedikit sporty. Hal tersebut menjadi gebrakan setelah sebelumnya deretan motor bebek Honda mengusung desain membulat.

Selama 24 tahun eksis di pasar otomotif Indonesia membuktikan motor Honda Supra merupakan bebek yang banyak diminati pasar otomotif Indonesia, tentunya dengan proses evolusi pada desain dan mesinnya.

Berikut Evolusi Honda Supra di Indonesia

Honda Supra 

Honda Supra edisi pertama resmi mengaspal pada tahun 1997. Pada edisi pertama ini masyarakat Indonesia lebih mengenal dengan sebutan Honda Astrea Supra. Bukan tanpa alasan, Honda membangun pasar motor bebek 4- tak dengan line up Astrea. Seperti Astrea Star dan Astrea Prima yang melegenda.

Jantung mesin yang diususng Honda Supra sebesar 97 cc dengan sistem pengereman masih menggunakan trobol pada bagian depan dan belakang.

Honda Supra X

sejarah honda supra

Sukses dengan edisi pertamanya Honda kembali meluncurkan keluaraga Supra yang baru, yaitu Honda Supra X. Kapasaitas mesin mengalami kenaikan mesti tidak signifikan, yaitu menjadi 100 cc.

Ubahan yang sangat kentara adalah pada sistem pengereman. Honda Supra X sudah menggunakan model rem cakram pada bagian depan, sedangkan belakang masih bertahan dengan pengereman tromol.

Honda Supra X125

Harga Honda Supra X 125

Sejarah Honda Supra berikutnya adalah Honda Supra X125. Generasi ini mengalami ubahan yang cukup signifikan pada beberapa bagiannya. Adalah naiknya kapasitas mesin menjadi 125 cc. Mesin tersebut merupakan pengembangan dari mesin Honda Kharisma.

Resmi mengaspal perdana pada tahun 2005, Honda Supra X125 langsung mendapat sambutan positif dari market di Indonesia.

Selain mesin, desain juga mengalami perubahan yang signifikan. Bentuk body yang lebih bongsor serta stripping model baru seakan menegaskan evolusi Honda Supra telah terjadi.

Honda Supra X125 PGM-FI

supra x 125 pgmfi

Revolusi Honda Supra makin menjadi-jadi. Pada tahun 2006 PT Astra Honda Motor resmi merilis Honda Supra X125 PGM-FI. Hadirnya keluarga baru Honda Supra ini jelas menjadi perbincangan di kalangan pecinta motor bebek maupun kompetitor.

Jelas saja, Honda Supra X125 PGM-FI sudah mengadopsi teknologi hemat bahan bakar Programmed-Fuel Injection (PGM-FI).

Desain masih mirip dengan generasi sebelumnya, Supra X125. Namun pada Supra X125 PFM-FI sistem pengereman sudah mengadopsi cakram pada bagian depan dan belakang.

Honda Supra GTR 150

supra gtr 150

Edisi bontot dari sejarah Honda Supra selanjutnya yaitu Honda Supra GTR 150. Yup, ubahan mesin pada keluarga Supra ini paling besar kapasitasnya, yaitu 150 cc.

Selain kapasitas mesin yang paling besar, Supra GTR 150 juga sudah dilengkapi fitur kekinian seperti Digital Panel Meter. Selain itu transmisi juga sudah 6-percepatan.

Dengan kapasitas mesin 150 cc serta teknologi dan fitur yang canggih dan modern, menjadikan Honda Supra GTR 150 layak mendapat julukan rajanya motor bebek.

Moladiners, menarik bukan ulasan sejarah Honda Supra di Indonesia, kalian pernah punya keluarga Honda Supra yang mana nih?

Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, pantau terus Moladin.com.

Tinggalkan komentar