Harley-Davidson Sportster S Meluncur, Istimewa!


Secara resmi Harley-Davidson Sportster S meluncur di Amerika Serikat pada Selasa (13/7/2021). Motor ini merupakan versi terbuas dibanding lini produk sporster yang ada.

Ciri khas utama kuda besi tersebut, pakai mesin anyar bernama Revolution Max 1250T. Di atas kertas, jantung mekanis tersebut bisa melontarkan torsi puncak 127,5 Nm dan tenaga maksimal 121 hp.

Mesin motor Harley-Davidson Sportster S sesungguhnya hasil pengembangan dari milik Pan America 1250. Perbedaan tampak di kelapa silinder dengan katup lebih kecil, bentuk piston, hingga profil camshaft. Semuanya didesain untuk bisa menghasilkan torsi besar di putaran bawah dan menengah.

“Ini merupakan generasi selanjutnya dari Sportster yang diartikan melalui tenaga, performa, teknologi, dan gaya,” kata Chariman, President, dan CEO Harley-Davidson, Jochen Zeitz dalam rilis resmi.

Desain Berotot Kombinasi Bobber dan Flat Tracker

 

Motor ini menggunakan basis mesin layaknya Pan America 1250, hanya saja dengan berbagai modifikasi

Keistimewaan lain dari Harley-Davidson Sportster S ada di desainnya. Bodinya begitu berotot dan padat dengan jok single seater dan buntut pendek.

Ciri khas lain dari kuda besi ini, bagian kaki-kakinya dibuat begitu lebar supaya aura bobber keluar. Ukuran ban depannya 160/70-17 inci dan yang belakang 180/70-16 inci.

Dengan kombinasi tersebut, Sportster S secara keseluruhan memiliki dimensi panjang 2.265 mm, lebar 843 mm, tinggi 1.089 mm, serta jarak sumbu roda 1.518 mm.

Sementara aura flat tracker tampak lewat penggunaan jok ramping. Hadir pula knalpot ganda di sisi kanan motor yang posisinya sejajar dengan tinggi mesin. Menurut Harley-Davidson inspirasi gaya seperti itu didapat dari XR750 flat tacker.

Tidak ketinggalan ada suspensi upside down dengan diameter besar yang menandakan bahwa ini merupakan motor berperforma tinggi. Supensi tersebut dari Showa dengan diameter 43 mm.

Keunikan lain, ada di lampu berbentuk oval di pencahayaan depan. Lampu belakangnya juga oval, tapi diletakkan di belakang roda dengan penggunaan sepatbor menggantung. Seluruh sistem pencahayaan di Sportster S sudah memakai LED.

Fitur-Fitur Modern di Sportster S

Harley-Davidson Sportster S - panel instrumen
Panel instrumen Sportster S sudah mengandalkan layar TFT bulat berukuran 4 inci

Keunggulan Harley-Davidson Sportster S bukan cuma mesin buas. Fitur-fitur yang dihadirkan sungguh modern. Ambil contoh kehadiran layar TFT 4 inci yang dapat terhubung smartphone.

Dengan konektivitas smartphone, maka pengendara bisa mengaktifkan berbagai fitur lain seperti mendengar musik lewat speaker helm, navigasi, menelepon, dan lain-lain. Istimewa bukan?

Soal keselamatan, Sportster S juga cukup mumpuni. Ada cornering enhanced traction control system (C-TCS), cornering enhanced antilock braking system (C-ABS), dan cornering enhanced drag-torque slip control system (C-DSCS). Tersedia pula tire pressure monitoring system (TPMS) untuk mengetahui tekanan angin ban secara mudah.

Keunggulan Harley-Davidson Sportster S selanjutnya ada di mode berkendara. Tersedia lima opsi: road mode, sport mode, rain mode, dan custom mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan berkendara.

Dengan segala kelebihan tersebut, harga motor Harley-Davidson Sportster S tembus $14,999 atau setara Rp 217 jutaan di Amerika Serikat. Tentu saat masuk Indonesia, banderolnya bisa berkali-kali lipat.

Tinggalkan komentar