Honda Super Cub 125 2021 Meluncur, Banyak Ubahan! – Moladin


Motor bebek retro, Honda Super Cub 125 2021 resmi meluncur di Eropa. Kuda besi ini istimewa dengan berbagai ubahan dibanding model lama. Harganya otomatis jadi lebih mahal, kini dijual £3.499 atau setara Rp 70 jutaan.

Revisinya bukan cuma terlihat dari tampilan, tapi juga sektor mesin. Kenyamanan berkendara pun ditingkatkan agar semakin nyaman diajak berjalan-jalan.

Dalam hal tampilan, jelas terlihat kalau sekarang punya warna bodi baru bernama matt axis grey metallic. Tampak di bagian bodi dan pelek menggunakan cat abu-abu gelap. Kemudian warna merah hadir di bagian jok. Tidak ketinggalan ada emblem logo sayap dan identitas bertuliskan Super Cub yang juga memiliki aksen merah.

“Tambahannya jok dan pijakan kaki penumpang kini menjadi komponen standar (di Honda Super Cub 2021),” seperti dikutip dari rilis resmi Honda Eropa pada Senin (21/6/2021).

Bukan cuma itu, motor Honda Super Cub model baru juga memiliki kaki-kaki yang direvisi. Suspensi teleskopik depan mendapat per baru yang membuat pengendalian lebih mudah. Sementara suspensi belakangnya juga mendapat revisi serupa agar lebih nyaman berkendara di jalan bergelombang.

Terkait tampilan lainnya, tidak ada ubahan. Super Cub 2021 masih seperti model lama alias pakai ban ukuran 70/90-17 di depan dan 80/90-17 inci di belakang.

Aura retro masih tetap terpancar, karena memiliki basis desain dari Honda Super Cub C100 yang diperkenalkan pertama kali pada 1958. Ciri khasnya punya lampu depan bulat, dengan setang berbentuk seperti sayap burung.

Mesin 125 cc Anyar dengan Standar Euro 5

Kehadiran jok dan pijakan kaki belakang, membuat Honda Super Cub 125 terbaru bisa dipakai berboncengan, lebih romantis!

Walau kubikasi mesin Honda Super Cub 125 tidak berubah, namun jeroannya banyak yang diganti. Pabrikan berlogo sayap bahkan mengatakan ini sebagai jantung mekanis baru. Ukuran bore diperpendek dan stroke diperpanjang jadi 50 x 63.1. Rasio kompresi juga meningkat jadi 10.0:1.

Alhasil performa Super Cub terbaru pun meningkat drastis. Tenaga yang dihasilkan kini meningkat jadi 9,8 PS pada 7.500 rpm. Sementara torsinya tidak berubah, tetap 10,4 Nm pada 6.250 rpm.

“Untuk memperlancar aliran udara bersih, hadir filter udara baru yang didesain sesuai dengan kemunculan mesin baru, bentuknya lebih kecil dan dikombinasikan dengan pipa penghubung baru,” beber rilis resmi Honda Eropa.

Bagian knalpot tidak ketinggalan dapat revisi. Dari luar memang keliatan sama, hanya saja komponen di dalamnya berbeda. Sebelumnya ada dua katalisator, kini jadi cuma satu. Walau demikian, Honda mengklaim satu katalisator lebih kuat dan efektif untuk menghadirkan standar emisi Euro 5.

Soal konsumsi BBM, Honda Super Cub C125 2021 diklaim mampu menghemat konsumsi BBM mencapai 66,7 Km/liter. Dengan demikian dalam kondisi tangki bensin penuh 3,7 liter, motor bebek retro ini mampu melaju hingga 250 Km.

Fitur-Fitur Honda Super Cub 125 2021

HONDA SUPER CUB 125 2021
Mesin lebih bertenaga dan racikan suspensi yang lebih nyaman hadir di Honda Super Cub 125 model 2021

Bicara fitur, Super Cub 125 terbaru tidaklah beda dibanding generasi lama. Honda memberinya smart key, sehingga untuk mengaktifkan mesin tidak lagi pakai anak kunci konvensional.

Pemilik motor cukup mengantongi remote, kemudian tekan dan putar kenop pintar. Terakhir tekan tombol starter agar mesin aktif.

Hadir pula alarm dan fitur answer back system yang bisa diaktifkan melalui remote bawaan. Alarm berguna mencegah maling membobol motor. Kemudian answer back system memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir.

Sistem pencahayaan Honda Super Cub 125 2021 pun telah full LED. Ditambah lagi panel instrumennya pakai layar LCD, namun untuk penujuk kecepatan tetap dipertahankan gaya analog.

Tertarik punya? Setelah kehadirannya di Eropa, kemungkinan besar pasar otomotif Indonesia juga kebagian unit Super Cub terbaru. Menurut kami ini tinggal masalah waktu.

Tinggalkan komentar