Yamaha Fascino 125 Hybrid, Skuter Retro Canggih – Moladin


Motor retro canggih, Yamaha Fascino 125 Hybrid resmi meluncur di India, pertengahan Mei 2021. Sesuai namanya, skuter ini menggunakan teknologi hybrid untuk menjadikan rasa berkendara semakin menyenangkan.

“Kami membuatnya semakin istimewa dengan kehadiran teknologi hybrid terbaru… Menjadikan rasa berkendara yang lebih bertenaga ke Yamaha Fascino 125 terbaru,” kata Senior Vice President Sales and Marketing Yamaha Motor India Sales Pvt Ltd., Ravinder Singh dalam peluncuran virtual, beberapa waktu lalu.

Pabrikan garputala menjelaskan lebih lanjut, bahwa hybrid yang dimaksud memanfaatkan teknologi smart motor generator (SMG) di Fascino. SMG tersebut bisa memberi tambahan tenaga untuk berakselerasi atau melibas tanjakan.

Bila kita telaah, maka teknologi hybrid di Fascino 125 terbaru ini tidaklah sama seperti yang ada di mobil hybrid. Sistem tersebut lebih mirip mild hybrid.

Walau demikian tetap saja motor Yamaha Fascino 125 Hybrid istimewa. Pasalnya dengan kemunculan teknologi anyar, torsinya meningkat 0,6 Nm jadi 10,3 Nm pada 5.500 rpm. Sementara tenaganya tidak berubah masih 8,2 PS pada 6.500 rpm.

Selain itu, Yamaha Fascino model 2021 juga mendapat banyak sekali penyegaran. Untuk tahu lebih detailnya, simak bahasan berikut:

Teknologi Konektivitas Smartphone 

Konektivitas smartphone di Fascino 125 hybrid berbeda dengan Y-Connect

Yamaha Fascino 125 Hybrid pun telah dibekali konektivitas smartphone canggih bernama Yamaha Motorcyle Connect X App. Fitur ini bisa membuat smartphone melakukan berbagai hal terkait motor, seperti menyalakan hazard, mencari lokasi parkir, hingga mengaktifkan answer back system.

Teknologi konektivitas smartphone ini terhubung melalui bluetooth. Fiturnya tidak secanggih Y-Connect yang ada di Nmax dan Aerox 155 Indonesia. Walau demikian, cukup menarik hadir di skuter bergaya retro.

Selain itu, Yamaha Fascino 125 Hybrid juga memiliki sistem pencahayaan LED. Gunanya untuk membuat visibilitas berkendara semakin baik.

Hadir pula panel instrumen full digital yang mampu memberi berbagai informasi terkait motor. Di sana pengendara bisa melihat kecepatan, level BBM, hingga indikator ketika motor assist atau sistem hybrid sedang bekerja.

Fitur di Fascino generasi sebelumnya ikut dihadirkan. Sebut saja stop & start system (SSS), Rem cakram depan dengan UBS, hingga side stand engine cut-off.

Buat yang belum tahu UBS, ini merupakan fitur yang mirip combi brake system (CBS) di motor Honda. Dengan kata lain UBS mengintegrasikan rem depan dan belakang dalam satu tuas pengereman.

Harga Yamaha Fascino 125 Hybrid

yamaha fascino 125 hybrid 001
Semoga saja Yamaha Fino 125 bisa mendapatkan fitur serupa seperti Fascino di India

Sebagai informasi, Yamaha Fascino model lama dijual ₹74530 atau setara Rp 14 jutaan. Tentunya dengan tamabahan berbagai teknologi canggih, Yamaha Fascino 125 Hybrid bakal dibanderol lebih mahal.

Walau demikian soal harganya belum ada bocoran. Pasalnya motor ini sampai sekarang cuma diperkenalkan secara virtual. Belum dipasarkan secara resmi di India.

Bagaimana dengan pasar Indonesia, tentu saja kita berharap bahwa Yamaha Fino selaku skuter retro di Tanah Air juga mendapat fitur-fitur serupa seperti Fascnio 125 Hybrid.

Kabar yang kami dapat, Fino 125 bakal mendapat penyegaran pada tahun ini. Semoga saja benar, hybrid akan diinjeksikan ke motor retro tersebut.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan komentar