5 Kelebihan Honda CBR250RR SP Dibanding Rival – Moladin


Di kelas motor sport 250 cc dua silinder, CBR250RR SP bisa jadi pilihan menarik dibanding para kompetitor. Kelebihan Honda CBR250RR SP cukup banyak, mulai dari performa mesin mantap hingga fitur-fitur modern yang tersemat.

Bicara fitur, motor berlogo sayap ini sangat modern. Sebut saja ada pilihan mode berkendara, quick shifter, assist & slipper clutch, serta panel instrumen canggih dengan lap counter.

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Honda CBR250RR SP dibanding para kompetitornya? Berikut kami beberkan informasinya secara lengkap:

1. Performa Mesin Paling Mantap

Mesin Honda CBR250RR SP paling bertenaga di kelasnya

Kelebihan Honda CBR250RR SP yang pertama adalah performa mesin istimewa. Ini merupakan motor sport 250 cc dua silinder versi pabrikan paling bertenaga.

Di atas kertas, CBR250RR SP dilengkapi mesin berkubikasi murni 249,7 cc, teknologi DOHC, dan pendingin cairan. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak hingga 25 Nm pada 11.000 rpm dan tenaga maksimal 41 PS pada 13.000 rpm.

Hanya saja memang untuk versi SP ini, harganya jadi cukup mahal yaitu mulai Rp 66,2 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut adalah salah satu kekurangan Honda CBR250RR SP, lantaran rival seperti Yamaha R25 (mulai Rp 61,665 juta) dan Kawasaki Ninja 250 (mulai Rp 64,2 juta) dijual lebih murah.

Kalau kamu tetap menginginkan motor sport Honda tapi bujet terbatas, ada opsi lain. Honda memiliki varian CBR250RR tanpa SP yang dijual mulai Rp 61,7 juta (OTR Jakarta).

Banderol CBR250RR tanpa SP terjangkau, karena performa mesinnya tidak sehebat varian SP. Walau begitu, tetap tidak bisa diremehkan.

Pasalnya mesin CBR250RR standar tersebut bisa melontarkan torsi hingga 23,3 Nm pada 11.000 rpm dan tenaga maksimal 38,7 PS pada 12.500 rpm.

2. Suspensi Upside Down

honda cbr250rr tricolor indonesia
Kehadiran suspensi upside down membuat cbr250rr tampak semakin gagah

Tampilan Honda CBR250RR SP bisa dikatakan jadi salah satu keunggulannya. Motor sport ini punya aura sport kental dan sedikit kesan futuristik.

Lampu depan motor berbentuk pipih dengan kemunculan daytime running light. Kemudian bentuk bodinya penuh sudut dan knalpot dengan selongsong ganda, semakin menyiratkan aura motor balap.

Selanjutnya yang jadi kelebihan Honda CBR250RR SP, kemunculan suspensi depan upside down. Suspensi tersebut membuat motor terkesan lebih gagah.

Kami sebut kelebihan, lantaran ada kompetitor yang belum pakai yaitu Kawasaki Ninja 250. Sementara Yamaha R25 sudah menggunakannya.

3. Kapasitas Tangki BBM Paling Besar

honda cbr250rr terbaru
CBR250RR memiliki kapasitas tangki bensin 14,5 liter

Sepele memang, tapi tangki BBM CBR250RR SP paling besar dibanding kompetitor. Honda memberi kapasitas tangki hingga 14,5 liter.

Bandingkan dengan Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 yang cuma punya tangki 14 liter. Ada kelebihan 0,5 liter di Honda CBR250RR SP.

Walau tidak terlalu banyak, namun tangki yang lebih besar itu bisa membaut laju motor lebih jauh. Efeknya kamu dapat ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) lebih jarang dibanding saat menunggan motor rival.

4. Tersedia Fitur Quick Shifter

honda cbr250rr tricolor indonesia
CBR250RR SP dilengkapi quick shifter untuk varian tertinggi

Bukan cuma mesin yang jadi kelebihan Honda CBR250RR SP, tapi sistem transmisinya juga canggih. Honda memberi 6-percepatan yang sudah dilengkapi quick shifter untuk versi tertinggi atau varian SP QS.

Guna quick shifter, memudahkan pengendara saat menaikkan dan menurunkan gigi transmisi tanpa pencet kopling. Alhasil kamu bisa fokus meningkatkan akselerasi motor secara maksimal ketika berkendara. Quick Shifter disebut sebagai keunggulan Honda CBR250RR SP, karena Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 selaku kompetitor belum punya.

Fitur lain yang juga menarik di transmisi CBR250RR adalah assist & slipper clutch. Guna teknologi tersebut membuat tuas kopling lebih ringan, sekaligus mencegah roda belakang selip ketika pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat.

5. Mode Berkendara

kelebihan honda cbr250rr sp
Selain punya mode berkendara, panel instrumen motor CBR250RR pun canggih

Terakhir yang jadi kelebihan Honda CBR250RR SP adalah kemunculan mode berkendara. Disebut keunggulan, lantaran kompetitor belum punya.

Honda CBR250RR SP dilengkapi tiga mode berkendara: comfort, sport, dan sport+. Masing-masing bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika kamu menginginkan seluruh performa dari motor sport 250 cc ini keluar, maka sport+ jadi pilihan tepat.

Selain mode berkendara, fitur lain yang tidak kalah istimewa dari CBR250RR SP adalah panel instrumen digital yang informatif. Selain bisa memberi berbagai informasi seperti konsumsi BBM, posisi gigi transmisi, kecepatan, putaran mesin, panel instrumen ini pun mampu mengukur waktu putaran di sirkuit.

Alhasil ketika kamu ingin jajal Honda CBR250RR SP di sirkuit, fitur ini bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan balap. Istimewa bukan?

Itulah tadi berbagai kelebihan Honda CBR250RR SP dibanding rival. Apakah kamu masih ragu untuk meminangnya?

Dari sisi harga, memang motor ini tidak bisa dikatakan murah. Varian termurah yaitu CBR250RR SP Bravery Red Black dijual Rp 66,2 juta (OTR Jakarta). Sementara varian termahal yaitu SP QS dengan warna bodi spesial Garuda X Samurai mencapai Rp 77,8 juta (OTR Jakarta). Namun soal fitur dan performa mesin, tidak perlu diragukan.

Tinggalkan komentar