SYM DRGBT R-Edition 2021, Motor Matik 158 Cc Buas – Moladin


Motor matik anyar, SYM DRGBT R-Edition 2021 resmi meluncur di Taiwan. Harganya tembus 110.000 Dollar Taiwan atau setara Rp 57 jutaan.

Apa yang membuat skuter 158 cc ini mahal? Salah satunya adalah tampilan sangar dan performanya yang buas.

Embel-embel R-Edition di namanya, telah menyiratkan bahwa ini merupakan motor yang sporty. Tampak dari bahasa desain yang diberikan oleh SYM dengan bodi penuh lekukan tajam.

Lampu depannya memakai desain ganda dan dibuat terpisah layaknya motor sport. Sistem pencahayaan depan ini sudah mengadopsi teknologi sapphire blue coating yang diklaim mampu meningkatkan visibilitas berkendara.

Ada pula lampu sein sequential. Kemudian lampu belakangnya juga telah pakai LED, sekilas desainnya mirip kepunyaan Yamaha Xmax. Keistimewaan dari milik SYM DRGBT R-Edition, lampu rem tersebut sudah pakai PGP technology yang membuat pengendara di belakang tidak silau.

Kelebihan SYM DRGBT R-Edition 2021 selanjutnya ada di penggunaan ban. Motor matik ini mengandalkan karet bundar khusus dari Maxis-R1N yang memang didediksikan untuknya. Soal ukuran ban yang dipakai adalah 120/70-13 inci di depan dan 130/70-13 inci di belakang.

Sektor suspensi tidak kalah menarik. Di depan pakai teleskopik, namun yang belakang bergaya monoshock miring. Desainnya mirip suspensi yang digunakan oleh motor sport.

Mesin 158 cc yang Buas

Depot daya milik SYM DRGBT R-Edition 2021 sudah mendapat revisi sehingga lebih halus dan performanya semakin mantap

Selain tampilan sangar, SYM DRGBT R-Edition 2021 juga punya mesin buas. Di atas kertas pakai kubikasi 158 cc, 4 tak, 4 katup, dengan pendingin cairan.

Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi hingga 15 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 15,6 PS pada 8.000 rpm. Performa yang cukup istimewa untuk motor matik di kelasnya, kurang lebih setara dengan Honda PCX 160.

Dibanding model lamanya, performa ini lebih baik karena SYM melakukan berbagai revisi di mesin. Kemudian gas buang juga diperbaiki sehingga semakin ramah lingkungan. “Konsumsi bahan bakarnya tembus 39,9 Km/liter,” seperti dikutip dari rilis resmi SYM Global pada Kamis (3/6).

Tidak hanya itu, kenyamanan berkendara SYM DRGBT R-Edition pun ditingkatkan. Salah satunya lewat pengurangan getaran pada mesin.

Hadir pula fitur keselamatan terbaru berupa traction control system (TCS). Fungsinya membuat DRGBT R-Edition tidak mudah selip saat melewati berbagai permukaan jalan. TCS hadir melengkapi teknologi keselamatan lain yang sudah ada sebelumnya, seperti rem cakram dan anti-lock braking system (ABS).

SYM DRGBT R-Edition 2021 Masuk Indonesia?

sym drgbt r-edition tampak belakang
Kelebihan SYM DRGBT R-Edition ada di perfroma mesin mantap dan desain sporty

Kalau kamu tertarik, sayangnya motor ini belum hadir di Indonesia. SYM cuma memasarkannya di Taiwan untuk sekarang. Tersedia empat pilihan warna mulai dari hijau, biru, putih, dan hitam.

Walau demikian, mungkin saja ke depannya Indonesia kebagian unit SYM DRGBT R-Edition. Terlebih pasar motor matik 150 cc di sini cukup besar.

Ditambah lagi dari sisi performa dan tampilan sudah cukup oke untuk bermain di pasar otomotif Tanah Air. Kalau benar datang, maka skuter SYM tersebut bakal berhadapan dengan Honda PCX 160, Yamaha Nmax 155, Yamaha Aerox 155, dan lain-lain.

Sebagai informasi buat kamu, SYM DRGBT merupakan skuter yang sudah hadir di Taiwan sejak 2019. Kini di tahun 2021, SYM memberi beberapa penyegaran supaya performanya semakin mantap serta teknologinya lebih sesuai dengan perkembangan zaman.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan komentar