Triumph Speed Twin 2021, Semakin Buas Dan Canggih – Moladin


Motor retro, Triumph Speed Twin 2021 resmi meluncur pada Selasa (1/6). Kuda besi tersebut mendapat berbagai penyegaran, bukan cuma tampilan yang lebih istimewa tapi juga mesin semakin buas dan teknologi kian canggih.

Dalam hal desain, motor Speed Twin terbaru tetap mengandalkan aura klasik. Hanya saja kini lebih premium lewat penggunaan pelek 12 palang terbaru.

Lalu knalpot ganda miliknya dibuat lebih sporty dengan atas berwarna stainless-steel. Senada dengan itu, sepatbor depan dan belakang diberi warna khas aluminium.

Sejumlah ubahan lain yang kecil ikut hadir yang menjadikan Triumph Speed Twin 2021 semakin keren. Salah satunya lewat desain anyar dudukan lampu depan, tangki bensin Monza klasik, dan lain-lain.

Warna bodinya pun dibuat berbeda dibanding model lama. Kini ada tiga pilihan: red hoppeer (merah), matt storm grey (abu-abu) dengan aksen kuning, dan jet black (hitam).

Performa Mesin Triumph Speed Twin Terbaru

Motor ini masih mengandalkan mesin dua silinder berkubikasi 1.200 cc

Kelebihan dari Triumph Speed Twin 2021 selanjutnya bisa dicek dari performa mesin. Terjadi peningkatan tenaga sebesar 3 PS sehingga tembus 100 PS pada 7.250 rpm. Sementara untuk torsinya tembus 112 Nm pada 4.250 rpm.

“Tenaga lebih kuat di putaran menengah dibanding model lama,” seperti dikutip dari rilis resmi Triumph global.

Penyebabnya, peningkatan kompresi piston, profil ports dan cam, serta masih banyak lagi. Selain tenaga meningkat, red line juga bertambah sekitar 500 rpm lebih tinggi dari model lama.

Di atas kertas Triumph Street Twin anyar menggendong mesin berkubikasi 1.200 cc dua silindeer parallel dengan sudut 270 derajat. Mesin SOHC itu sudah dilengkapi pendingin cairan.

Revisi Speed Twin terbaru dapat dirasakan dari rasa berkendara yang semakin nyaman. Suspensi depan pakai upside down 43 mm dengan garpu dari Marzocchi dan cartrige damping.

Lalu di bagian belakang, motor retro ini pakai suspensi ganda dengan adjustable spring preload. Kombinasi tersebut menjadikan bantingan lebih berkualitas ketika melewati berbagai medan jalan.

Ubahan lain ada di sistem pengereman. Triumph Speed Twin 2021 pakai cakram dengan spesifikasi lebih baik dari generasi sebelumnya. Kini ada Brembo 4-piston M50 radial monobloc di depan dengan cakram ganda dan teknologi anti-lock braking system (ABS) sebagai standar.

Bicara roda, tetap pakai ukuran 17 inci. Walau begitu bannya kini mengandalkan Metzeler Racetec RR yang diklaim lebih nyaman.

Fitur-Fitur Terbaru di Speed Twin 2021

triumph speed twin 2021 - panel instrumen speedometer
Banyak teknologi modern yang disematkan ke Triumph Speed Twin terbaru

Meski tampilan motor ini klasik, namun jangan sepelekan teknologi yang tersemat di dalamnya. Triumph Speed Twin 2021 memiliki sistem ride by wire agar performa mesin semakin presisi. Kemudian mode berkendara Rain, Road, dan Sport juga disempurnakan agar lebih nyaman buat pengendara.

Lalu sistem pencahayaan belakang sudah pakai lampu LED. Plus di depan tersedia daytime running light (DRL).

Panel instrumennya pun istimewa, karena memiliki jam 3D yang mudah diakses. Informasi lain yang dapat dihadirkan berupa posisi gigi transmisi, trip setting, konsumsi bbm, indikator traction control, dan lain-lain.

Buat menambah kenyamanan berkendara, Triumph Speed Twin 2021 memiliki USB charging socket di bawah jok. Immobiliser pun hadir untuk meningkatkan keamanan dari maling. Lalu tersedia pula aksesori berupa Tyre Pressure Monitoring System sebagai aksesori tambahan.

Dengan semua keunggulan tersebut, berapa harga Speed Twin terbaru? Sampai sekarang merek motor asal Inggris tersebut belum membuat pengumuman.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau tersu Moladin!

Tinggalkan komentar