Penjualan Naik, Pelumas Motul Bangun Pabrik Di Indonesia?

2 min read

Penjualan-Naik-Pelumas-Motul-Bangun-Pabrik-Di-Indonesia.jpg


Produsen pelumas Motul di Indonesia mengaku alami lonjakan penjualan di semester pertama 2021. Walau sebenarnya menjalankan bisnis di era pandemi tidaklah mudah.

Berkaitan dengan tantangan yang dihadapi di tahun ini ditambah adanya pandemi COVID19,  menjelaskan jika menjalankan bisnis di saat pandemic tidaklah mudah.

“Tapi Motul tidak pernah menyerah dan terus berusaha melakukan yang terbaik. Setelah mengalami penurunan ditahun 2020 sebanyak -11% dibandingkan tahun sebelumnya, total penjualan pelumas Motul di tahun 2021 pada periode Januari-Mei meningkat sekitar 76% dibandingkan tahun 2020 atau meningkat 35% dibandingkan tahun 2019 di periode yang sama,” kata National Sales Director Motul Indonesia, Welmat Purba dalam rilis resminya, Rabu (2/6)

Dia mengatakan pencapaian tersebut sudah melebihi target awal penjualan pelumas Motul di 2021.  Alhasil target-target lama pun harus direvisi, untuk kemudian dibuat pencapaian baru yang lebih tepat dalam menyelesaikan tahun.

“Kedepannya pun kami akan terus memperkuat jaringan distribusi kami, dan terus menambahkan produk-produk baru untuk memenuhi permintaan konsumen,” katanya.

Managing Director Motul Indonesia, Carlo Savoca juga memberi sedikit bocoran terkait target baru perusahaannya. Ada kemungkinan pelumas tersebut untuk mendirikan pabrik di Tanah Air.

“Motul sedang mempelajari beberapa skenario yang fokus utamanya adalah untuk terus bisa memberikan yang terbaik bagi konsumen di Indonesia. Kami belum membuat keputusan, tapi kami akan segera memberikan kabar apabila ada perkembangan terbaru,” beber Carlo.

Motul Raih Penghargaan Brand Choice

Carlo (kiri) dan Welmart (kanan) dengan penghargaan Brand Choice 2021

Selain menyiarkan hasil penjualannya, pelumas Motul di Indonesia juga mengabarkan telah meraih Brand Choice Award 2021 untuk kategori oli motor.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian dari hasil survei brand choice index yang diselenggarakan oleh Inforbrand.id bekerjasama dengan Tras n Co Indonesia. Tolak ukur penilaian didasarkan tiga aspek yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.

Survei dilakukan pada bulan Februari – April 2021 terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 merek tersurvei. “Ini merupakan kehormatan bagi kami telah menerima penghargaan dari lembaga ternama di Indonesia. Ini juga menunjukan bahwa semua usaha yang kami lakukan selama ini telah membuahkan hasil,” kata Carlo

Apalagi penghargaan ini juga menggambarkan tingkat penerimaan konsumen di Indonesia terhadap pelumas Motul. Carlo mengaku tim Motul Indonesia semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen di Tanah Air.

Singkat cerita tentang perjalanan pelumas Motul di dunia dimulai sejak diperkenalkan pertama kali di New York pada tahun 1853. Motul berada di bawah naungan Swan & Finch Oil Corporation hingga beralih menggunakan nama merek Motul di tahun 1958.

Di tahun tersebut  pelumas Motul untuk kategori multigrade pertama kali dikenalkan. Selanjutnya di tahun 1966 Motul mengenalkan pertama kali oli mobil semi sintetik.

Motul juga lah yang pertama kali memperkenalkan oli 100% sintetik untuk mesin kendaraan di awal tahun 1971 dengan memanfaatkan teknologi Ester dan telah diakui di industri penerbangan. 

Untuk melakukan penetrasi di pasar ASIA, pelumas Motul mendirikan PT Perkasa Teknologi Indolube (PTI) pada tahun 2016. Sejak PTI didirikan,  pasar MOTUL di Indonesia diklaim semakin bertumbuh.

Saat ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, pelumas Motul  menyediakan variasi produk yang lebih lengkap dibandingkan kompetitor nya, baik pelumas untuk mobil atau pun motor.

Mulai dari produk di tingkat harga yang kompetitif, sampai dengan produk premium yang dikhususkan untuk balap, ataupun pilihan variasi viskositas yang berbeda untuk setiap lini produknya, semuanya dipersiapkan dengan berfokus kepada kepuasan konsumen.

Saat ini Indonesia, bersama dengan Tiongkok, India, Jepang dan Vietnam, adalah lima pasar terbesar bagi pelumas Motul di Asia. Untuk pasar Indonesia sepertinya ke depan, bakal ada pabrik Motul didirikan di sini. Kita tunggu saja sama-sama.

Demikian ulasan terkait pelumas Motul di Indonesia. Untuk mendapatkan berita lengkap lainnya seputar otomotif, simak terus Moladin.com.

3184d6fa830d053780f029f392225571?s=72&d=admin&r=g

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *