Yamaha MX King 155 Meluncur Di Malaysia, Indonesia Kapan?


Setelah Vietnam, kini Yamaha MX King 155 meluncur di Malaysia. Hanya saja di Negeri Jiran penamaannya adalah Yamaha Y16ZR. Sementara untuk pasar Vietnam sendiri disebut Yamaha Exciter 155 VVA.

Jika melihat desainnya, memang sama persis dengan saudaranya yang lahir di Vietnam. Sama-sama mengusung konsep motor bebek sporty.

Walau demikian, bukan berarti tidak ada beda. Yamaha MX King 155 meluncur di Malaysia dengan ciri khas kehadiran mata kucing di bagian spakbor depannya. Kemudian pilihan warnanya juga berlainan..

Untuk Yamaha Y16ZR di Malaysia, pilihan warna yang tersedia ada tiga versi: Phantom Grey (abu-abu), Racing Yellow (kuning), dan Arrow Blue (biru). Grafis livery Y16ZR juga lebih minimalis dibanding Exciter yang dijual di Vietnam.

Meski demikian, mesin yang diusung tetap sama. Yakni berbasis Yamaha R15 atau MT-15, yakni 155 cc, silider tunggal, SOHC, dan berpendingan cairan. Tidak ketinggalan hadir pula fitur katup variabel atau VVA untuk memberikan performa terbaik di berbagai rentang putaran mesin.

Kemudian Yamaha MX King 155 meluncur di Malaysia dengan fitur lain seperti assist & slipper clutch. Fungsi teknologi tersebut untuk membuat kopling ringan, serta mencegah selip ketika pengendara melakukan penurunan gigi transmisi secara cepat. Soal transmisi menggunakan 6-percepatan manual.

Tidak ketinggalan keyless ikut hadir untuk memudahkan pemilik mengaktifkan mesin. Keyless juga mampu mencegah maling, lantaran sudah dilengkapi immobilizer.

Masih sama dengan saudaranya yang di Vietnam, kehadiran Yamaha Y16ZR ini bukan untuk menggantikan pendahulunya yakni Yamaha Y15ZR atau MX King 150. Dalam artian, Yamaha Malaysia akan menjual kedua varian motor itu secara bersamaan.

Yamaha Y166ZR di Malaysia dijual dengan banderol harga 10.888 ringgit atau sekitar Rp 38 jutaan jika dikonversikan ke mata uang Indonesia.

Jawaban Yamaha Soal MX King 155 Masuk Indonesia

Motor ini mengadopsi mesin R15 dan Vixion R

Yamaha MX King 155 meluncur di Malaysia sesungguhnya menjadi tamparan tersendiri buat masyarakat Indonesia. Pasalnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak kunjung memasarkannya di Tanah Air.

Dengan demikian, konsumen Indonesia termasuk yang ketinggalan untuk bisa merasakan performa motor bebek sport tersebut. Padahal di kawasan Asia Tenggara, bukan cuma Malaysia, Vietnam pun telah lebih dulu memasarkan produk yang juga dikenal dengan nama Yamaha Y16ZR dan Yamaha Exciter 155 VVA.

Yamaha Indonesia sampai sekarang masih mengandalkan produk MX King 150 di kelas motor bebek sport 150 cc. Motor tersebut hadir pertama kali pada awal 2015 di Sirkuit Sentul Karting. Kuda besi ini menggendong mesin mesin yang berkapasitas 150 cc, hasil turunan dari Vixion.

Mesin satu silinder berpendingin cairan milik MX King 150, mampu menghasilkan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm, dan tenaga maksimal 15,15 hp pada 8.500 rpm. Beda jauh dengan MX King 155 VVA yang mampu mengeluarkan torsi14,4 Nm pada 8.000 rpm dan tenaga maksimal 17,7 hp pada 9.500 rpm. 

Walau sudah jelas lebih baik dari sisi performa dan fitur. Sampai sekarang Yamaha Indonesia belum mau menghadirkan varian baru dari Yamaha MX King. Diakui oleh petinggi YIMM, mereka masih berfokus pada penjualan Yamaha MX King yang selama ini ada di pasaran.

“Kami belum ada rencana untuk kesana, saat ini kami hanya berfokus pada penjualan MX King yang ada di pasaran Indonesia,” papar Public Relation Manager YIMM, Antonius Widiantoro dalam pesan singkat ke Moladin pada Jumat (19/3/2021).

Tentunya, pernyataan ini bakalan membuat pecinta Yamaha MX King bersedih. Tetapi, tak menutup kemungkinan juga Yamaha Indonesia bakal menghadirkan motor bebek sport Y16ZR, Exciter 155 VVA, atau MX King 155 di Indonesia ke depannya.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan komentar