Aprilia RSV4 2021 Meluncur, Performa Lebih Beringas! – Moladin


Pabrikan sepeda motor asal Italia, Aprilia, secara resmi meluncurkan Aprilia RSV4 2021. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, motor RSV4 terbaru ini hadir dengan desain yang lebih agresif dan dengan mesin yang powerful.

Menurut data tertulisnya, Superbike ini diklaim punya efisiensi aerodinamis 11% lebih baik dari versi lamanya. Melihat pada bagian depan motor ini, Aprilia menyematkan winglet baru yang sekilas nampak layaknya winglet yang digunakan pada motor Aprilia MotoGP.

Meski demikian, lampu utamanya masih mirip dengan RSV4 versi sebelumnya dengan penggunaan 3 klaster lampu. Bedanya kini semua lampu pada motor ini sudah menggunakan model LED dan dilengkapi dengan Day Running Light (DRL).

Spesifikasi mesin Aprilia RSV4 2021

Mesinnya mampu melesat hingga 305 km/jam

Menilik pada sektor dapur pacu, super bike ini dibekali dengan mesin V4 berkapasitas 1.099 cc yang sudah berstandar emisi gas buang Euro5.

Di atas kertas, motor ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 217 daya kuda pada putaran mesin 13.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 125 Nm di putaran 10.500 rpm. Menurut keterangan yang ditulis, mesin ini bahkan mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga tembus 305 km/jam.

Selain punya performa mantap, Aprilia mendesain motor sport full fairing ini dengan mengadopsi sisi aerodinamis yang dihadirkan pada motor yang ada di MotoGP. Dengan begitu, Aprilia RSV4 2021 ini tak hanya bisa digunakan untuk riding harian, namun juga bisa digunakan di trek balap.

Meski hadir dengan konsep sporty, motor ini bisa digunakan sebagai moda transportasi harian dengan dilengkapi beberapa komponen kelayakan seperti spion, step belakang.

Fitur canggih juga hadir pada RSV4 terbaru

Aprilia RSV4 2021
Dibekali dengan Aprilia Performance Ride Control (APRC)

RSV4 terbaru ini juga dibekali oleh Aprilia dengan sejumlah fitur dan teknologi yang serba canggih. Pada bagian suspensi, hadir shockbreaker model semi aktif tipe Smart EC 2.0 lansiran Ohlins.

Pabrikan sepeda motor asal Italia ini juga menghadirkan fitur Aprilia Performance Ride Control (APRC) yang kini digunakan pada beberapa motor balap Aprilia.

Fitur Aprilia Performance Ride Control ini terdiri atas Traction Control, Aprilia Engine Map, Aprilia Engine Brake, Aprilia Wheelie Control, Aprilia Quick Shift, Aprilia Pit Limiter, Aprilia Cruise Control, dan Aprilia Engine Map.

Tidak cuma itu, pada sistem pengereman, motor siap balap ini juga sudah mengusung multi map Anti lock Brakings System garapan dari Bosch.

Aprilia RSV4 2021 ini hadir dalam dua versi, yakni versi standar dengan warna Dark Losail dan versi Factory dengan warna Aprlia Black/Lava Red.

Sangat disayangkan, pihak Aprilia belum mencantumkan informasi mengenai harga resmi dari super bike ini.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan komentar