Apa Perbedaan Service Dan Tune Up Motor? Harus Tahu


Untuk terus mendapatkan performa terbaik dari sepeda motor, pemilik motor bisa melakukan tune up motor. Apa itu tune up motor? Berikut kita ulas secara lengkap.

Tune up motor adalah, salah satu cara dalam proses pengembalian performa motor ke kondisi standar. Mengapa motor perlu dikembalikan performanya?

Dijelaskan oleh Haris Setiawan selaku mekanik dari HRS Motor, saat mesin motor bekerja, ada beberapa komponen mesin motor yang mengalami perubahan. Sebagai contoh, piston dan noken as pada mesin sepeda motor. Seiring waktu, akibat adanya gesekan pada ruang mesin akan ada bagian dari komponen yang terkikis.

Untuk itu, sangat perlu dilakukan pengecekan dan perawatan juga penyetelan kembali jika diperlukan. Hal ini dilakukan, guna memastikan komponen itu tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Tak cuma piston dan noken as, bagian filter udara juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Pada bagian filter udara, kotoran-kotoran baik berupa debu atau kotoran lainnya yang telah menempel pada bagian filter dapat merusak komponen tersebut.

Selain itu, kotoran-kotoran itu dapat menyumbat aliran udara yang akan disuplai ke bagian mesin motor. Untuk itulah, perlu dilakukan perawatan serta membersihkan bagian filter udara. Selain yang berhubungan dengan bagian mesin, bagian lain seperti rangka, suspensi dan rantai motor juga perlu dapat sentuhan perawatan.

Dari yang disampaikan di atas, jadi sudah tahukan perbedaan service dan tune up motor? Bisa diartikan tune up adalah paket servis motor yang sangat lengkap. Disebut lengkap, karena mencakup seluruh bagian motor baik dari sisi mesin, mau pun bagian lainnya.

Kalau servis, biasanya cuma ganti oli saja, serta pembersihan filter udara. Tidak lebih.

“Bisa dikatakan tune up itu merupakan servis paket lengkap, cakupan pemeriksaan dan perawatan motor yang dilakukan secara menyeluruh,” jelas Haris yang biasa disapa Viray itu.

Waktu yang Tepat Buat Tune Up Motor

Lakukan tune up secara rutin, supaya performa motor terjaga

Untuk tune up motor injeksi atau karburator, disarankan oleh Viray dilakukan untuk jangka waktu tertentu. Dalam artian, tune up perlu dilakukan secara rutin.

Untuk hal ini, Viray menyarankan waktu servis tune up yang baik adalah tiap 3 bulan sekali atau tiap 3.000 sampai dengan 5.000 kilometer sekali.

“Tergantung mana dulu yang tercapai,” tegas Viray.

Ditambahkan oleh Viray, waktu tune up ritin tidak berlaku ketika motor menunjukkan gejala yang tidak beres. Seperti motor kehilangan tenaga, ada asap dari knalpot, atau ketika mesin boros.

“Jadi ketika motor mulai ada gejala enggak beres, sebaiknya segera dilakukan tune up. Supaya, apa yang jadi kerusakan diketahui penyebabnya dan bisa dilakukan penanganan secepatnya,” ujar Viray.

Ingat lagi, bahwa fungsi tune up motor adalah mengembalikan kondisi kendaraan ke keadaan semula. Jadi memang sering dilakukan tidaklah mengapa.

Manfaat Tune Up Untuk Performa Motor

Tune Up Motor
Manfaat tune up bisa menjaga kondisi motor seperti baru

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasanya tune up merupakan paket lengkap untuk servis motor. Tentunya dengan melakukan tune up ini, mempunyai dampak positif bagi performa sepeda motor.

Setelah melakukan tune up kamu akan merasakan perbedaan performa motor dari sebelumnya. Kinerja mesin, akan semakin ringan dan juga tenaga yang dihasilkan akan stabil.

Dengan melakukan servis ini, performa mesin juga akan terus terjaga dan jika dilakukan secara rutin motor akan terasa terus seperti baru.

Selain itu, dengan melakukan servis tune up, kamu bisa mendeteksi apa saja masalah yang terjadi pada motor kamu. Dengan begitu kamu bisa melakukan penanganan yang lebih tepat dan cepat, agar performa motor tetap terjaga.

“Kalau rutin dilakukan, tune up bisa menjaga kondisi performa mesin motor juga bagian-bagian dari motor tetap prima. Selain itu, kita bisa tahu ada kendala apa saja di motor, sehingga kita bisa langsung lakukan penanganan buat motor,” papar Viray.

Biaya Tune Up Motor

Tune Up Motor
Biaya tune up motor berbeda-beda tergantung pada jenis motor

Sangat penting kamu ketahui, bahwa untuk biaya sekali tune up berbeda-beda, tergantung pada jenis motor apa yang akan diservis. Masing-masing bengkel, juga punya tarif dan cara tune up motor yang berlainan.

Tiap bengkel pun memiliki paket yang berbeda-beda. Jadi ada baiknya sebelum melakukan tune up, kamu bertanya lebih dulu ke mekanik bengkel tersebut, kira-kira apa saja yang dilakukan dan berapa harganya.

Seperti di HRS Motor milik Viray ini, untuk paketan tune up motor skuter matik dan bebek harga jasa servis saja bisa mulai dari Rp 70.000 sampai dengan Rp 100.000 dan untuk motor jenis sport dimulai dari Rp 125.000 sampai dengan Rp 175.000.

Harga jasa tune up motor itu sudah termasuk jasa cek dan stel klep, cek kelistrikan, busi, rem, dan masih banyak komponen lain. Walau demikian, biaya tersebut biaya pembelian oli, baik oli mesin atau oli gardan untuk motor jenis skuter matik.

“Kalau ada spare part atau komponen motor yang harus diganti kita sampaikan ke pemilik motor. Kita minta persetujuan kepada pemilik motor, mau segera diganti atau ditunda dengan memperbaikinya sementara dulu,” ujar Viray.

Dengan adanya pergantian spare part motor yang harus dilakukan, tentunya biaya tune up motor akan jauh lebih besar lagi dikeluarkan oleh pemilik motor. Ini merupakan hal yang wajar, jika kamu ingin performa motor kamu tetap terjaga.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan komentar