Motor Retro Yamaha FZ-X 150 Siap Meluncur – Moladin


Yamaha FZ-X 150 siap meluncur di India. Hal ini diketahui dari munculnya foto-foto yang beredar di sosial media.

Foto Yamaha FZ-X terlihat sangat jelas, yang tentu saja bukan foto uji coba yang biasanya berlabur stiker kamuflase. Melainkan diduga sedang melakukan kegiatan untuk keperluan komersil.

Sekilas dari foto yang beredar, motor bergaya neo retro tersebut mirip-mirip XSR di Indonesia. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut motor tersebut merupakan naked bike FZ-X yang diproduksi khusus untuk pasar India.

Berdasarkan dokumen yang telah beredar, motor tersebut sudah resmi di daftarkan sejak 2 Maret 2021. Unit juga sudah memenuhi regulasi standar gas buang India yakni BS6 atau Euro 5.

Desain Neo Retro

Yamaha FZ-X terbaru siap diluncurkan di India (Rushlane)

Bicara desain, motor tersebut mengusung konsep neo retro, yang mengaplikasi sistem peredam kejut belakang monoshock. Sedangkan di bagian depannya masih me ngandalkan teleskopik yang dibungkus dengan karet menambah kesan petualang.

Di sektor body, Yamaha FZ-X 150 terbaru mengusung desain tears drop berwarna orange dengan lampu bulat yang telah mengadopsi projector LED.

Bocoran lainnya adalah rem menggunakan cakram depan belakang  ukuran 282mm dan 220mm dan dibantu ABS.

Di sektor kaki-kaki, Yamaha FZ-X menggunakan pelek palang berkelir hitam ukuran 17. Sedangkan rem sudah menggunakan cakram depan belakang  ukuran 282mm dan 220mm.

Untuk sistem keamanan, Yamaha FZ-X sudah dipersenjatai oleh ABS yang akan memberikan keamanan dan kenyamanan lebih saat berkendara.

Ban depan terlindungi spatbor yang diperkuat behel yang membuat motor terkesan gagah. Sedangkan di sektor belakang motor ini menggunakan spatbor model gantung dengan lampu stop bulat yang diletakan di atas behel jok belakang.

Diketahui, motor juga dilengkapi engine cover khas motor petualang untuk melindungi mesin dari benturan.

Dimensi Yamaha FZ-X 150

Mengutip laman Rushlane 3 Mei 2021, motor tersebut ternyata memiliki dimensi panjang 2.020mm, lebar 785mm, dan tinggi 1.115mm. Dengan bobot keseluruhan mencapai 289 kg.

Ukuran ini diduga lebih besar dibanding XSR yang beredar di Indonesia yang hanya memiliki panjang  2.007, lebar 804 dan tinggi 1.080mm.

Performa Mesin Biasa Saja

Bicara spek mesin, laman tersebut juga mengatakan motor ditenagai jantung pacu SOHC 149cc berpendingin udara, satu silinder dengan pendingin udara.

Mesin motor ini sanggup menghasilkan tenaga 12,2 bhp pada 7.500rpm dan torsi puncak 13.6 Nm pada 5.500rpm, dikawinkan dengan gearbox 5-percepatan.

Harga FZ-X 150 Murah Banget

Bicara harga, Yamaha FZ-X 150 diprediksi dibandrol Rs. 1.2 lakh atau setara Rp 23 jutaan.

Lantas, apakah motor ini akan masuk Indonesia? Sepertinya tidak, mengingat Indonesia sudah memilliki Yamaha XSR 155 yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu.

Untuk Yamaha sendiri XSR merupakan produk pertama di segmen neo retro dimana unit ini bersaing dengan Kawasaki W175. Untuk harga Yamaha XSR 155 dibanderol mulai Rp 36 jutaan.

Buat kamu yang tertarik mengetahui informasi terkini seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Tinggalkan komentar