Kawasaki Ninja ZX-4R, Kakak ZX-25R Yang Lebih Buas! – Moladin


Informasi terbaru, Kawasaki sedang memproduksi motor empat silinder bernama Ninja ZX-4R. Kuda besi tersebut kemungkinan berbagi basis dengan ZX-25R, hanya saja dengan kubikasi mesin yang lebih besar.

Nama ZX-4R ramai diperbincangkan oleh berbagai media asal Jepang. Kabarnya motor ini merupakan hasil kesuksesan ZX-25R di pasar Asia.

Oleh karenanya, Kawasaki tertarik membuat kuda besi anyar dengan kubikasi yang lebih besar yaitu 400 cc. Kenapa? Di Eropa dan Amerika Serikat, pasar 400 cc merupakan salah satu kekuatan Kawasaki.

Hal ini terbukti lewat kehadiran Kawasaki Ninja 400 untuk pasar tersebut. Sebagai informasi, Ninja 400 merupakan kembaran dari Ninja 250 yang populer di Asia, termasuk Indonesia.

Dengan logika seperti itu, maka kemunculan Kawasaki Ninja ZX-4R menjadi sangat mungkin. Plus, geng hijau juga ketahuan sedang mematenkan gambar motor sport terbaru yang diduga sebagai ZX-4R.

Informasi ini dibeberkan oleh media asal Kanada, motorcycle.com. “Gambar paten memperlihatkan motor yang menyerupai ZX-25R dan kami melihat ada pekerjaan saluran udara di sisi fairing,” seperti dikutip laman tersebut.

Menurut mereka, saluran udara tambahan di Kawasaki Ninja ZX-4R hadir untuk membuat mesin empat silinder 400 cc yang digendong tetap sejuk. Terlebih lagi red line motor ini diprediksi bakal sangat tinggi.

Peluncuran ZX-4R Masih Lama?

Gambar paten dari motor yang diduga sebagai Kawasaki Ninja ZX-4R

Di samping gambar paten, informasi Kawasaki Ninja ZX-4R juga ada yang terkait performa. Motor ini digadang-gadang bakal memiliki tenaga hingga 60 PS. 

Jika benar, maka tenaga tersebut sangat istimewa. Sebagai gambaran, Ninja 400 dengan mesin dua silinder cuma bisa mengeluarkan tenaga 49 PS.

Kabar tersebut disampaikan oleh blogger asal Jepang, Kojintekibikematomeblog. Menurutnya mesin motor empat silinder itu bakal mendapat modifikasi sedikit di area piston, crank, dan bore diameter.Selain meningkatkan kapasitas mesin, juga membuat performanya semakin mantap.

Bagaimana dengan fitur-fiturnya? Kemungkinan masih banyak mengambil dari ZX-25R. Walau demikian ada beberapa tambahan yang diyakini bakal Kawasaki berikan.

Sebut saja keyless seperti yang ada di Ninja 250 dan 400. Lalu panel instrumen full LCD. Rem cakram depan dengan model ganda. Semua penambahan tersebut untuk membuat motor 400 cc ini lebih istimewa.

Lalu terkait peluncuran ZX-4R, sejauh ini Kawasaki memang belum memberi konfirmasi sama sekali. Walau demikian, blogger Jepang lagi-lagi menyampaikan bahwa kelahiran kakak ZX-25R tidak dalam waktu dekat.

“Kawasaki Ninja ZX-4R sepertinya jadi 2023,” beber Kojintekibikematomeblog.

Jadi sabar saja ya buat kamu yang menanti kehadirannya. Dengan predikatnya sebagai model 2023, maka peluncuran paling cepat dilakukan tahun depan alias pada 2022.

Lalu kemungkinannya pula, motor ini pun cuma hadir di Eropa dan Amerika. Maka masyarakat Indonesia sebaiknya jangan berharap lebih kalau ZX-4R bakal datang ke Tanah Air.

Tinggalkan komentar