Ducati Hypermotard 950 SP Terbaru Meluncur, Apa Hebatnya?


Ducati Hypermotard 950 SP resmi meluncur di Eropa. Masyarakat Benua Biru lebih dahulu bisa meminang model tertinggi ini, dengan spesifikasi yang disiapkan khusus yaitu sudah mengadopsi mesin Euro 5.

Sebagai catatatan,  Eropa mengaplikasi peraturan ambang batas emisi gas buang Euro 5 ini sejak beberapa tahun lalu. Bahkan kini mereka mencanankan menuju Euro 7 pada 2025.

Peluncuran Ducati Hypermotard 950 SP ini sekaligus koleksi model Hypermotard dengan teknologi Euro 5. Sebelumnya Hypermotard 950 dan 950 RSV lebih dulu hadir bermesin Euro 5.

Motor ini masuk dalam keluarga motor Ducati yang merupakan kendaraan cross yang dilengkapi ban jalan raya, alias supermoto. Ducati Hypermotard 950 SP sendiri tidak mengalami ubahan performa mesin. Tetap mengusung mesin 937 cc, Testastretta 11 ° V-twin.

Sama seperti model Hypermotard lain, jantung mekanisnya bisa melontarkan tenaga 114 hp pada 9.000 rpm dengan torsi 98 Nm pada 7.250 rpm. Hanya saja ada penyempurnaan terutama pada teknologi gearbox enam kecepatan, dibuat agar lebih mudah giginya dinetralkan saat berhenti. 

Peningkatan teknologi ini serupa dengan yang digunakan oleh motor Ducati Monster dan Supersport 950. Selain itu, pegas tuas persneling juga mengalami revisi untuk menghasilkan perpindahan gigi yang akurat.

Kelebihan Ducati Hypermotard 950 SP Terbaru

Livery Hypermotard 950 SP, terinspirasi dari motor Ducati di MotoGP

Lalu apa yang membedakan Ducati Hypermotard 950 SP dengan model lain? Salah satu yang menarik dari motor ini adalah dilengkapi suspensi long travel Ohlins, pelek forged ringan dari Marchesini, dan quickshifter naik dan turun gigi.

Bobotnya juga berkurang 2 Kg dibanding versi RVE. Hal ini bukan karena penggunaan pelek Marchesini, tapi juga kemunculan komponen dengan material carbon fibre seperti mudguard depan dan kover timing belt.

Soal fitur-fitur lain, tidak beda dengan varian RVE. Ada Riding Modes, ABS Bosch Cornering, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Power Modes, dan Day Time Running Light (DRL). Kemudian pabrikan asal Italia juga memberi Tapered aluminum handlebars, Removable passenger footpegs, USB power socket.

Ducati Hypermotard 950 SP terbaru semakin istimewa dengan livery anyar. Pabrikan asal Italia mengklaim grafis tersebut terinspirasi dari MotoGP.

Kombinasi warna yang dipakai adalah merah, silver, dan hitam. Sebenarnya tidak terlalu mirip dengan livery motor Ducati di MotoGP. Hanya saja mungkin kehadiran garis-garis kaku dan mengotak disekujur tubuh yang membuatnya disebut mirip motor MotoGP

Bicara harga, sampai sekarang belum ada pengumuman resmi. Ducati cuma mengatakan bahwa kuda besi ini bakal bisa dipesan pada Juni mendatang.

“Tersedia mulai Juni 2021, Ducati resmi memberi update ke keluarga Hypermotard 950 dengan standar regulasi Euro 5, serta memperkenalkan livery baru untuk SP version,” tulis laman Ducati.

Demikian artikel seputar Ducati Hypermotard SP terbaru. Untuk ulasan lengkap lainya seputar berita otomotif, simak terus Moladin.com. 

Tinggalkan komentar