Yang Harus Diperhatikan Untuk Kendaraan Beroda Empat Umur Diatas 10 Tahun ( Bab 4 )

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( penggalan 4 )

Sistem kelistrikan

Kelistrikan tak hanya lampu loh. Mulai dari perangkat di dasbor ataupun kinerja ECU, niscaya ada arus listrik. Nah seiring usia pakai, mesti diyakinkan lagi nih soal kondisi kabel-kabel, termasuk soket dan sekering. Bahayanya kalau hingga ada arus listrik yang bocor. Bisa-bisa kabel meleleh dan terbakar lantaran tak berpengaruh menahan panas berlebih.

Hal tersebut dapat kita hindari dengan pengecekan secara berkala. “Sistem kelistrikan kendaraan beroda empat Jepang dengan Eropa itu berbeda. Kalau kendaraan beroda empat Jepang susunan komponen kelistrikannya lebih gampang diperbaiki bila terjadi masalah,”

Contoh mengecek fungsi kerja pada head lamp tidak susah. Hanya mengecek pada penggalan soket-soket untuk bohlam lampu utama, atau soket untuk lampu rem atau sein masih dalam kondisi layak pakai. Sering ditemukan persoalan soket bohlam lampu utama meleleh. Biasanya disebabkan pemakaian bohlam yang watt-nya terlalu besar, tetapi tidak menambah relay.

Fuse atau sekering mempunyai peranan vital. Tugasnya untuk memutus arus listrik bila terjadi korslet atau kekerabatan arus pendek. Untuk pemilihan dan penggunaan sekering yang benar, harus menyesuaikan ukuran yang tertera pada tutup fuse box

Belum ada Komentar untuk "Yang Harus Diperhatikan Untuk Kendaraan Beroda Empat Umur Diatas 10 Tahun ( Bab 4 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel