Menjaga Kondisi Ban Mobil

Menjaga Kondisi Ban Mobil

Tips cara perawatan ban pada kendaraan beroda empat anda, sebagus apapun ban anda, tanpa perawatan dalam jangka waktu tertentu akan sanggup memperpendek umur ban dan terlebih akan membahayakan anda sebagai pengendara.

Berikut yakni tips & trik  :

1. Jenis Ban dan Ukuran yang Tepat
    Minta rekomendasi mengenai jenis ban dan ukuran yang sempurna dengan gaya mengemudi anda.Pasikan indeks ban sesuai juga dengan kendaraan.

2. Tekanan Pada Angin Ban
    Periksa tekanan angin minimal 1 bulan sekali.Tekanan angin yang kurang berbahaya sebab sanggup menjadikan kerusakan fatal pda ban anda.Tekanan angin yang berlebihan sanggup menjadikan keausan yang tidak merata dan besar lengan berkuasa pada ketika pengendalian dan pengereman.

3. Rotasi.
    Ban perlu dirotasikan untuk mencegah keausan yang tidak merata, dan juga memperpanjang umur ban anda.Lakukan rotasi setiap 7.500 - 10.000 km.

4. Balancing
    Ban per;u dibalancing untuk mencegah guncangan dan getaran pada ketika mengemudi serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap penggantian ban baru, melaksanakan rotasi ban, atau bila ban bergetar pada ketika kecepataan tertentu.

5. Spooring
    Kendaraan perlu dispooring secara terpola untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pada ketika berkendara.

6. Penggantian Ban Baru.
    Terdapat TWI ( Tread Wear Indicator ) pada alur telapak ban.Jika telapak ban sudah menyentuh TWI , maka membuktikan ban sudah harus diganti. Letak TWI ada ditunjukan dengan tanda segitiga pada dinding samping ban.

Belum ada Komentar untuk "Menjaga Kondisi Ban Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel