Jenis-Jenis Aki Kendaraan Beroda Empat Di Indonesia Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Jenis-jenis Aki Mobil di Indonesia Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Aki Basah
Jenis aki kendaraan beroda empat yang pertama yaitu jenis aki basah, aki berair ini sangat terkenal keberadaanya. Aki jenis ini juga mempunyai banderol harga aki kendaraan beroda empat yang murah dan bersahabat, hal ini berbeda dari jenis aki lainnya yang cenderung dibanderol dengan harga yang mahal.

Dibandingkan dengan kelebihan aki berair dari segi harganya yang murah, tetap terdapat kekurangan aki jenis ini yaitu soal perawatan aki kendaraan beroda empat yang rutin. Biasanya aki jenis ini memerlukan pengisian komplemen berupa cairan elektorlit atau air aki. Selain itu aki berair juga masih membutuhkan pengisian arus atau charge.

2. Aki Kering
Lain halnya dengan aki basah, jenis aki kering mempunyai karakteristik berlawanan dengan aki basah. Aki kendaraan beroda empat kering mempunyai kelebihan tersendiri, menyerupai minimnya perawatan aki mobil. Selain itu pada aki kering juga tidak berlaku lagi pengisian cairan elektrolit aki.

Kendati demikian tetap saja ada kekurangan jenis aki kering ini yaitu dari segi harga aki kering yang mahal. Selebihnya untuk kualitas aki kering memang lebih baik dari aki basah.

3. Aki Kalsium
Jenis aki kendaraan beroda empat yang satu ini memang sedikit lebih berbeda dari tipe aki berair dan kering, walaupun aki kalsium belum begitu tenar pasarannya di Indonesia. Tetapi jangan salah untuk performa aki kendaraan beroda empat sangat bagsus dan bertenaga.

Kelebihan jenis aki kalsium yaitu sanggup menyalurkan energi listrik dengan sangat baik, selain itu untuk daya tahan aki kendaraan beroda empat juga sangat kuat. Jenis aki ini mempunyai kutub yang terbuat dari kalsium sehingga sangat baik untuk duduk perkara kelistrikan. Namun, sayangnya kekurangan jenis aki kendaraan beroda empat ini yaitu keberadaanya yang masih sangat jarang di pasaran tanah air dan harga aki kalsium juga sangat mahal.

4. Aki Hybrid
Jenis aki kendaraan beroda empat yang lainnya menyerupai aki kendaraan beroda empat hybrid yaitu jenis aki yang jarang kita temukan di Indonesia. Kelebihan aki kendaraan beroda empat hybrid terletak pada efisiensi kelistrikannya yang optimal, selain itu dikala melepaskan atau penguapan juga sangat kecil. Lebih lagi aki kendaraan beroda empat jenis ini juga minim perawatan.

Kendati aneka macam keunggulan aki kendaraan beroda empat hybrid, namun tetap saja ada kekurangan aki kendaraan beroda empat hybrid yaitu terkait akan resiko cairan yang sanggup membahayakan kulit, iritasi dan bersifat korosif yaitu salah satu kekurangannya. Selain itu harga aki hybrid juga masih mahal dan keberadaannya masih jarang di Indonesia.

5. Aki Gel
Kalau jenis aki kendaraan beroda empat yang ini tentu sangat berbeda dari aki kendaraan beroda empat lainnya yang masih mengandalkan cairan elektrolit sebagai sumber listriknya. Aki gel sudah tidak memakai cairan melainkan gel yang disebut-sebut anti tumpah. Selain itu kelebihan aki gel ini juga terletak pada resiko iritasi kulit yang sanggup diminimalisir alasannya yaitu sudah tidak memakai cairan elektrolit yang bersifat korosif. Lebih lagi untuk listrik yang dihasilkan juga sangat powerfull daripada jenis aki kendaraan beroda empat lainnya.

Nah, untuk kekurangan aki gel ini tetaplah ada salah satunya yaitu harga aki gel yang masih tergolong mahal. Selain itu kita kesulitan membeli aki gel ini alasannya yaitu pasarannya yang belum tersebar luas di tanah air.

Jenis-jenis aki kendaraan beroda empat memang bermacam-macam, baik untuk aki kendaraan beroda empat basah, kering, hybrid, gel, dan kalsium. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, adapun perbedaan jenis aki tersebut biasanya terletak pada media jenis penyimpanannya, memakai cairan atau tanpa cairan elektrolit.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Aki Kendaraan Beroda Empat Di Indonesia Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel