Ciri Ciri Mesin Kendaraan Beroda Empat Overheating

Ciri Ciri mesin Mobil Overheating




Agar lebih gampang dipahami, berikut ini ada beberapa ciri-ciri mesin overheating antara lain sebagai berikut:

Ciri Ciri mesin Mobil Overheating

Saat kendaraan beroda empat sudah menempuh jarak yang jauh ataupun dikala berada di jalan yang menanjak, bunyi halus dari mesin akan berkembang menjadi kasar. 

*Performa pada mesin datang menjadi drop dikala temperatur suhu sudah melampaui batas normal.
*Saat mesin jadi overheating, sistem pendingin ruangan atau AC akan tiba-tiba menjadi panas. Hal ini dikarenakan untuk sebagian kendaraan sekarang telah dilengkapi dengan sistem safety load. Sistem ini akan bekerja dikala mesin mengalami overheating dan menawarkan perintah kepada Sistem ECU untuk memutuskan sejumlah komponen yang menciptakan putaran mesin menjadi berat, ibarat kompresor ac. 
*Jika kondisi sudah cukup parah, maka hal yang paling jelek sanggup terjadi ialah oli akan bercampur dengan air yang disebabkan oleh kebengkokan pada silinder head ataupun block silinder mengalami keretakan. 
*Lalu apa saja penyebab terjadinya overheating pada mesin mobil

Penyebab mesin overheating
Ada beberapa hal yang sanggup menjadi penyebab mesin kendaraan beroda empat menjadi overheating, antara lain adalah

1. Air didalam radiator habis
Seperti yang sudah kita ketahui untuk menjaga suhu mesin tetap stabil diperlukan cairan khusus sebagai pendingin mesin atau biasa disebut air radiator, jikalau sistem pendingin kehabisan cairan maka dengan otomatis mesin yang terus bekerja akan mengalami peningkatan suhu yang sangat drastis jadinya overheating pun sanggup terjadi. Biasanya air radiator sanggup hingga habis total diakibatkan adanya kebocoran yang terjadi pada belahan selang radiator, tutup dan pada belahan radiator itu sendiri.

2. Pecahnya Kipas pendingin radiator
Kipas pendingin ini berfungsi untuk membantu mendinginkan radiator dengan cara menciptakan udara sanggup mengalir melewati sirip-sirip radiator. Udara yang tercipta akan menyerap panas pada sirip-sirip radiator sehingga temperatur air pendingin pada radiator sanggup diturunkan. Ketika kipas pendingin pecah ataupun patah maka akan mengurangi proses absorpsi panas pada sirip radiator dikarenakan udara yang diciptakan akan berkurang jumlahnya, jadinya mesin mengalami overheating.

3. Fan belt putus
Fan belt berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin ke aneka macam komponen ibarat kompresor ac, dinamo alternator, dan water pump, jikalau fan belt terputus maka komponen yang bekerja dengan memanfaatkan putaran dari mesin akan terhenti termasuk water pump, sehingga menciptakan proses perputaran air dengan suhu yang panas didalam mesin akan terhenti jadinya temperatur suhu akan melonjak naik.

4. Thermostat tidak berfungsi dengan baik

Ketika suhu air didalam mesin belum mencapai suhu optimal maka sirkulasi air menuju radiator akan tertutup dan jikalau suhu air didalam mesin sudah mencapai batas yang ditentukan maka Thermostat akan membuka jalur menuju radiator, tujuannya biar air didalam mesin yang sudah mencapai suhu optimal akan bertukar dengan air bersuhu rendah yang berada di dalam radiator. Thermostat yang tidak berfungsi dengan baik akan menutup jalur pertukaran air sehingga menghambat sirkulasi air menuju radiator sehingga akan menyebabkan mesin over heating.

sumber : mekanikzamannow.com , modifikasi.com

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Mesin Kendaraan Beroda Empat Overheating"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel